Luri Darmawan: Kreator AksiIDE

Ridwan Fajar 2 Juli 2014

Luri Darmawan: Kreator AksiIDE

Integrated development environment (IDE) biasanya diperlukan oleh beberapa programmer untuk membantu menulis kode program yang sedang dikembangkannya. Dengan fitur yang lebih unggul dibandingkan text editor konvensional, IDE menawarkan fitur lebih seperti pengelolaan server, file transfer protocol tertanam, pratinjau web, refactoring, dan lain sebagainya. Dengan adanya fitur tersebut, IDE dapat membantu programmer untuk menulis kode program dengan lebih efektif dan efisien.

Seorang developer dan penggiat open source dari Indonesia yaitu, Luri Darmawan, telah membuat sebuah IDE yang diberi nama AksiIDE. Fitur umum yang terdapat di AksiIDE antara lain auto complete, code snippet, dan code completion. Selain itu terdapat fitur khusus lainnya seperti PHP Project Wizard, Live View Browser, Class Generator, Database Explorer, FTP Explorer, File Explorer, Code Explorer, Function List, Multi Workspace, dan fitur khusus lainnya. Saat ini, AksiIDE telah diunduh sebanyak 319 untuk yang versi Linux dan untuk versi Windows telah diunduh 2227 kali.

Luri Darmawan adalah seorang penggiat open source yang khususnya fokus di FreePascal dan Lazarus. Begitu pula dengan AksiIDE ini, dibangun dengan menggunakan Lazarus dan FreePascal. Luri lulus dari jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Diponegoro. Kemampuannya dalam programming dan teknologi informasi lainnya didapat secara otodidak. Selain hobi ngoprek, Luri juga pernah menjadi seorang pengajar komputer di lembaga kecil hingga perguruan tinggi. Selain membangun AksiIDE, Luri juga mempunyai beberapa proyek lainnya seperti KIOS Hosting, yaitu sebuah layanan hosting yang bergerak di layanan web hosting, domain names, resellers, dan affiliate. Dan membangun beberapa website yang bertema pencak silat.

Developer yang menggemari pencak silat ini dapat Anda jangkau di grup Facebook Komunitas Lazarus Free Pascal Indonesia dan AksiIDE.

Sumber Cover Image: devpost.com

(rfs/ikc/aksiide/phpindonesia)