Macam - Macam Pengulangan di Python

Ridwan Fajar 30 Juli 2016

Macam - Macam Pengulangan di Python

Pengulangan adalah salah satu hal penting yang ada di bahasa pemrograman. Pengulangan digunakan misalnya untuk meng-update nama file yang cukup banyak jumlahnya, atau mengakses piksel satu persatu pada gambar.

Python memiliki tiga jenis pengulangan yang wajib Anda cermati untuk membuat sebuah aplikasi dengan Python. Pengulangan yang pertama adalah while. Dengan menggunakan while, Anda dapat membuat kondisi tertentu untuk menghentikan while. Biasanya while digunakan untuk melakukan looping yang tidak pasti. Coba lihat contoh berikut (Anda dapat menulisnya dalam sebuah file, kemudian eksekusi file tersebut di konsol):

i = 0
while True:
    if i < 10:
        print "Saat ini i bernilai: ", i
        i = i + 1
    elif i >= 10:
        break

Pada potongan kode diatas, while akan terus berputar selama i masih kurang dari 10. Jika sudah lebih dari 10 maka while akan berhenti. Pengulangan while juga biasa digunakan di aplikasi konsol, untuk menahan user mengisikan semua input yang diperlukan dan baru akan berhenti setelah semua input dan proses interaksi berakhir. Jika kode diatas kita jalankan, maka output-nya akan seperti ini:

$ python while.py 
Saat ini i bernilai:  0
Saat ini i bernilai:  1
Saat ini i bernilai:  2
Saat ini i bernilai:  3
Saat ini i bernilai:  4
Saat ini i bernilai:  5
Saat ini i bernilai:  6
Saat ini i bernilai:  7
Saat ini i bernilai:  8
Saat ini i bernilai:  9

Sekarang kita coba gunakan for. Pengulangan for biasa digunakan untuk pengulangan yang sudah jelas banyaknya. Misal, Anda ingin mengulang sebuah pengulangan sampai 10 kali atau mengeluarkan semua hasil query dari database di halaman HTML. Berikut ini adalah contoh kode untuk pengulangan for:

for i in range(0, 10):
    print i

Jika dijalankan maka kode diatas akan mengeluarkan output seperti ini:

$ python for.py 
0
1
2
3
4
5
6
7
8
9

Tidak hanya mengiterasi deretan angka, pengulangan for pun dapat Anda gunakan untuk mengulang sesuatu yang iterable seperti list, tuple, dictionary, dan iterable object lainnya. Berikut ini kita ambil contoh dengan mengulang sebuah list yang berisi karakter anime Dragonball Super:

dragonball_super_character = ["Son Goku", "Vegeta", "Beerus", "Trunks", "Whiz", "Champa"]
for character in dragonball_super_character:
    print character

Jika kita jalankan potongan kode tadi, maka output-nya akan seperti berikut:

$ python for-list.py 
Son Goku
Vegeta
Beerus
Trunks
Whiz
Champa

(rfs/python