Membuat Relasi Tabel di JSQLBeans

Ridwan Fajar 2 Agustus 2016

Membuat Relasi Tabel di JSQLBeans

Sudah keharusan bahwa sebuah tabel di MySQL memiliki relasi antar tabel bila memiliki struktur yang kompleks. Terkadang ada database yang dibangun seorang database administrator, tapi tidak memiliki relasi sama sekali antara satu tabel dengan tabel yang lainnya. Tentu saja hal tersebut tidak baik untuk performa aplikasi.

Kali ini kita akan coba bagaimana cara membuat sebuah relasi antara tabel di JSQLBeans.

Membuat Tabel Parent

Dengan menggunakan database soccerdb yang telah digunakan di tutorial sebelumnya. Kita akan melanjutkannya dengan membuat tabel leagues yang mana akan menyimpan berbagai liga sepakbola yang ada di dunia. Mulai dengan membuat tabel leagues kemudian kita bentuk kolom id, name, dan division untuk tabel tersebut: Selection_002 Selection_003 Selection_004 Selection_001x Selection_005

Kemudian kita buat primary key untuk tabel leagues dengan menunjuk kolom id sebagai primary key. Setelah itu kita buat kolom id sebagai auto increment:

Selection_006 Selection_007

Jangan lupa, kita tambahkan beberapa data dummy untuk digunakan di sql join yang akan kita coba nanti:

Selection_008 Selection_009 Selection_010

Menambahkan Foreign Key di Tabel Child

Setelah rampung membuat tabel leagues, saatnya kita menambahkan kolom league_id yang akan disimpan sebagai foreign key: Selection_001m Selection_002m

 

Sebelum membuat foreign key Anda harus mengisi kolom league_id dengan nilai yang sudah ada di tabel leagues sebagai nilai default. Kemudian kita buat foreign key pada kolom tersebut dengan menunjuk tabel leagues sebagai tabel parent dari tabel teams:

Selection_015 Selection_014

Mencoba SQL JOIN

Sekarang silahkan coba query berikut di SQL Editor JSQLBeans Anda: Selection_001v

(rfs/jsqlbeans)