Mengenal Lebih Dekat Django Software Foundation

Ridwan Fajar 11 Agustus 2016

Mengenal Lebih Dekat Django Software Foundation

Sebagai salah satu web framework yang diminati oleh para programmer Python, Django memiliki dokumentasi yang baik dan lengkap serta memiliki stabilitas yang baik. Selain itu Django juga memiliki segudang aplikasi tambahan yang dapat meningkatkan produktivitas dalam membangun aplikasi web menggunakan Django. Kompleksitas pengembangan Django ini tidak lepas dari tangan - tangan ahli yang berada di Django Software Foundation. Django Software Foundation memiliki tujuan untuk mempromosikan, mendukung, dan menyebarkan proyek open source-nya, dalam hal ini adalah Django web framework.

Beberapa misi dari Django Software Foundation antara lain:

  • Mendukung pengembangan Django dengan mensponsori sprint, meet up, gathering dan acara komunitas
  • Mempromosikan penggunaan Django diantara komunitas pengembang web
  • Melindungi hak kekayaan intelektual dan keberlangsungan jangka panjang Django
  • Menyebarkan the state of the art dalam pengembangan aplikasi web

Baca juga: Situs-situs Populer yang Dibuat dengan Django

Dalam perjalanannya, Django Software Foundation memiliki corporate members yang mendanai pengembangan Django dan seluruh kegiatannya. Beberapa perusahaan yang tergabung dalam corporate members antara lain 791 Technologies, Blanc, Caktus Consulting Group, ChameleonJohn Coupons, Divio, Eldarion, Imaginary Landscape, Lincoln Loop, Maykin Media, Nephila, Oddbird, Opbeat, OpenEye Scientific Software, Revsys, Wildfish, XtremIO, Yeti.

Web framework yang diinisiasi oleh Adrian Holovaty, Simon Willison, dan Jacob Kaplan-Moss ini memiliki sekitar 80an developer yang tergabung dalam developer member. Beberapa nama yang cukup dikenal khalayak ramai ada Daniel Roy Greenfield, Lynn Root, Tim Graham, James Bennet, Kenneth Love, dan lainnya.

Sedangkan untuk board members, dipimpin oleh Frank Wiles (Revsys), Daniele Procida (Django Core Team), James Bennet (Django Core Team), dan Karen Tracey (Caktus Group). Sedangkan presiden dari yayasan ini dipimpin oleh Frank Wiles.

Bila Anda memiliki sebuah company dan ingin menjadi corporate member, dapat bergabung di tautan https://www.djangoproject.com/foundation/corporate-membership/.

(rfs/djangoproject)