Mengenal Phalcon Team: Developer Inti PhalconPHP

Ridwan Fajar 17 Juni 2015

Mengenal Phalcon Team: Developer Inti PhalconPHP

PhalconPHP merupakan sebuah web framework PHP yang ditulis dengan bahasa pemrograman C dan menjadikannya ekstensi pada PHP. Memang tidak umum seperti web framework lain yang merilis framework dengan source code PHP. Phalcon sendiri diambil dari sebuah nama unggas yang mempunyai nama latin Peregrine Falcon. Seekor Elang yang memiliki kecepatan tertinggi ketika berburu. Jadi Phalcon sendiri adalah PHP + Falcon = Phalcon.

Phalcon memiliki dokumentasi yang baik dan jelas. Belum lagi dokumentasinya sudah mulai ditranslasikan ke dalam bahasa lain seperti Indonesia, Jepang, Belanda, Polandia, Perancis, Thai, dan lainnya. kini Phalcon sudah rilis di versi 2.0.3 pada Juni 2016 ini. PhalconPHP sendiri merupakan web framework yang bersifat open source. Banyak developer yang ikut berkontribusi dalam pengembangan Phalcon untuk menjadi web framework tercepat dan terhandal. Namun semua itu tidak lepas dari developer inti yang berada dibalik layar Phalcon. Siapa sajakah para developer inti dibalik Phalcon? Mari kita kenali satu persatu.

Andres Gutierrez

 

[caption id="attachment_4663" align="aligncenter" width="367"]Andres Felipe Gutierrez Andres Felipe Gutierrez[/caption]

Andres tidak asing dengan proyek open source. Di 9 tahun terakhir, dia merancang dan merilis framework untuk PHP dan terlibat dalam web development. Andres merupakan pemenang TR35. Andres menicptakan sebuah web framework yang fokus pada performa. Oleh karena itu pada tahun 2011, Andres menciptakan Phalcon sebagai web framework yang fokus pada usability, fitur lengkap, dan utamanya performa untuk PHP developer.

Karya inovatif Andres ini digunakan oleh banyak developer, karena keunikannya yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman C yang memaksimalkan performan dan menjaga penggunaan resource lebih rendah.

Eduar Carvajal

 

[caption id="attachment_4664" align="aligncenter" width="373"]Eduar Carvajal Eduar Carvajal[/caption]

Eduar adalah C/PHP developer dengan pengalaman bertahun - tahun di pengembangan aplikasi. Eduar adalah salah satu pendiri dan lead developer di proyek Phalcon sejak 2011. Eduar mengambil bagian di berbagai area, mulai dari framework design hingga internal kernel function, dokumentasi, dan developer tools. Dia sangat tertarik dengan framework, bahasa pemrograman, dan teknologi terbaru. Eduar sangat suka dengan film fiksi ilmiah dan kadang bermain football.

Nikolaos Dimopoulos

 

[caption id="attachment_4665" align="alignleft" width="186"]Nikolaos (Nikos) Dimopoulos Nikolaos (Nikos) Dimopoulos[/caption]

Nikos biasa Nikolaos disapa, telah terjun di industri TI selama 20 tahun lebih. Nikolaos berkenalan dengan dunia PHP pada tahun 2000 dan menggunakannya sejak saat itu untuk proyek pribadinya dan juga proyek untuk karyawannya. Nikos sangat suka dengan teknologi baru dan mencari cara untuk mengintegrasikannya dengan aplikasi yang sudah dikembangkannya untuk meningkatkan kemudahan dan keuntungan bagi penggunanya.

Nikos sangat mendukung test driven development (TDD) dan selalu mencoba untuk merambah semua kodenya. Nikos sangat tertarik dengan teknologi yang baru dan inovatif yang dikenalkan kepadanya bernama Phalcon. Nikos bergabung dengan tim inti dan tugasnya adalah koordinasi dengan NFR, perbaikan bug, pengujian, dokumentasi, dan inkubator. Nikos juga bertanggung jawab dalam maintaining untuk Windows dll bagi Phalcon.

Nikolay Kirsh

 

[caption id="attachment_4662" align="alignleft" width="379"]Nikolay (Kirsh) Boston Nikolay (Kirsh) Boston[/caption]

Nikolay telah mengembangkan aplikasi web selama lebih dari 10 tahun. Nikolay terlibat dalam pengembangan dan perancangan websites yang memiliki kompleksitas dan performa tinggi. Nikolay telah bekerja dengan proyek open source sejak lama. Nikolay menggunakan waktu pribadinya untuk komunitas dengan mem-forking proyek, kemudian memberikan saran dan penggantian arsitektur, dan juga performa. Kerjanya mendapat apresiasi positif dari komunitas ketika ikut meningkatkan sebuah proyek CMS open source.

Nikolay beperan besar dalam meningkatkan performa aplikasi web. Sesudah berkenalan dengan Phalcon, Nikolay memutuskan untuk tetap mengikuti dan menggunakan Phalcon serta menjadi evangelist sekaligus. Nikolay menghabiskan tenaganya untuk mengenalkan Phalcon ke komunitas di Russia, dan menjadi pembicara di acara developer di Rusia.

Nikolay berkontribusi dalam melakukan mirror website Phalcon ke bahasa Rusia, dokumentasi Phalcon dalam bahasa Rusia, melakukan perubahan dan perbaikan di dokumentasi yang berbahasa Inggris, dan membuat sebuah grup di social network Vkontakte.

Selain keempat punggawa diatas, Phalcon juga memiliki banyak kontributor yang ikut andil dalam pengembangan Phalcon.

[caption id="attachment_4666" align="aligncenter" width="600"]Developer yang ikut kontribusi di PhalconPHP Developer yang ikut kontribusi di PhalconPHP[/caption]

(rfs/phalcon)