Ngulik Teknologi Microsoft Bareng MUGI

Ridwan Fajar 28 Agustus 2014

Ngulik Teknologi Microsoft Bareng MUGI

MUGI atau Microsoft User Group Indonesia adalah sebuah komunitas yang dibentuk untuk mewadahi para antusias teknologi Microsoft. Sebagai vendor perangkat lunak terbesar, membuat produk Microsoft dikenal oleh khalayak ramai. Tidak hanya berasal dari pengguna akhir saja, para pengembang pun ikut serta dalam mempelajari teknologi yang dirilis Microsoft. Dan MUGI merupakan wadah resmi yang selalu mengikuti perkembangan seputar teknologi Microsoft di Indonesia.

Komunitas yang diketuai oleh Firstman Marpaung ini, memiliki website resmi di http://mugi.or.id. Website tersebut cukup aktif dengan hadirnya berbagai media yang dapat dimanfaatkan oleh pengembang yang ingin belajar teknologi dari Microsoft. Website MUGI memiliki info, news, blogs, bahan belajar berupa e-book dan slide yang dapat diunduh secara gratis, forum, dan grup Facebook Microsoft User Group Indonesia. Dengan memanfaatkan forum dan grup Facebook MUGI, Anda dapat belajar secara interaktif bersama anggota MUGI lainnya. Anda juga dapat belajar secara mandiri melalui tutorial yang disediakan lewat media dan blog.

Di Website MUGI ini terdapat 47 tutorial berupa slide dan e-book. Topik yang tersedia antara lain IIS 7, Windows 7, Windows Server 2008, Windows Server 2008 R2, Visual Studio, XNA Framework, Office 2010, Windows Phone, Windows 8, dan lainnya. Penulis yang aktif antara lain Aris Lesmana, Sony, Bobby Iskandar Zulkarnain, Andik Susilo, Afri Heriyanto, Dani, Iqbal, Rizki, Raddini, Chazali, Kisman, Erick, Tutang, Andi, Gabriel, dan Eriawan.

Sedangkan di blogs terdapat 3592 tulisan yang terbagi kedalam 240 halaman. Tulisan yang terdapat di blog MUGI ini ditulis sejak 8 April 2008 hingga 29 Mei 2014. Berdasarkan tags terbanyak, tulisan di blog MUGI ini antara lain seputar ASP.NET, Event, Keamanan Windows, Office 2010, Windows 7, Windows 8, Windows Server 2008, Windows Server 2008, SQL Server, Visual Studio 2010, Cloud Computing, dan Windows Phone 7.

Dengan hadirnya MUGI diharapkan antusias teknologi Microsoft dapat terbantu untuk mempelajari dan semakin mahir dalam menggunakan teknologi Microsoft untuk menciptakan solusi

Sumber Cover Image: https://www.slideshare.net/arislesmana/berkembang-bersama-komunitas-mugi-id

(rfs/mugi)