Pamungkas Sumasta: Pencipta Inersia Mobile Phone - Phoenard

Ridwan Fajar 26 Juni 2014

Pamungkas Sumasta: Pencipta Inersia Mobile Phone - Phoenard

Phoenard, sebuah karya yang diciptakan oleh Pamungkas P. Sumasta. Seorang ahli mikrokontroler dari Indonesia. Phoenard adalah sebuah mobile phone yang berbasis AVR-Arduino yang dikendalikan menggunakan Inersia seperti memutar handphone tersebut atau membaliknya. Phoenard mendapatkan grand prize winner di AVR Hero Design Contest, pada tanggal 26 Februari 2014. Tentu saja kabar tersebut membuat Pamungkas sangat senang.

(sumber: http://atmelcorporation.wordpress.com)

Dalam pengembangan Phoenard, Pamungkas memilih Atmels 8-bit AVR MCU karena mempunyai kemampuan yang handal ketika digabungkan dengan Arduino. Kemudian Phoenard ini dirancang agar mudah dipelajari sehingga tidak hanya software saja yang mudah untuk diulik, hardware di dalamnya pun mudah dipelajari untuk meningkatkan pengetahuan tentang mobile phone. Selain digunakan untuk pembelajaran, Phoenard ini dapat digunakan untuk komunikasi sehari - hari.Selain itu di sebuah acara yang bernama Atmel Maker Faire 2014 di Bay Area, Pamungkas memperlihatkan fitur lain dari Phoenard seperti memantau detak jantung, digunakan sebagai pedometer, mengontrol robot, pendeteksi ketinggian, pengendali lampu lewat bluetooth dan fitur lainnya. Berikut adalah video demo dari Phoenard: (http://www.youtube.com/watch?v=7kP9vIsUzU4)

Saat ini berdasarkan informasi di Twitter milinya, @Sumastavr, Pamungkas tinggal di Assen, Belanda. Anda pun dapat memperoleh informasi terbaru tentang Phoenard melalui kanal milik Pamungkas di YouTube (http://www.youtube.com/channel/UCB778QEpMIRinmJqGBoRVDw) atau mengikutinya di Facebook (https://www.facebook.com/pages/Phoenard/240234436156917).

(rfs/atmelcorporation/atmel)