PolarDB Global Hackathon 2023

Hisyam Ali Husain 25 Oktober 2023

PolarDB Global Hackathon 2023

Hai Coders, apa kabar kalian? Semoga baik-baik aja yaa. Oh iya Coders tau nggak sih sama PolarDB kira-kira? Ada yang udah pernah denger, atau bahkan udah cobain? atau malah baru denger namanya aja sekarang?

Nah Coders, jadi PolarDB itu adalah sistem manajemen database (DBMS) yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi asal China bernama AlibabaCloud, teknologi ini sepenuhnya kompatibel dengan MySQL, PostgreSQL dan sangat kompatibel dengan Oracle, wih hebat banget ya Coders. Oh iya ngomong-ngomong kalian tau ngga sih Coders, kalau awal tahun kemarin ada event Hackathon loh yang diselenggarai oleh pihak AlibabaCloud, nama eventnya adalah "PolarDB Global Hackathon 2023".

PolarDB Global Hackathon 2023 adalah salah satu event yang diselenggarakan oleh AlibabaCloud, yang bertujuan untuk mengundang seluruh pengembang (developer) dari penjuru dunia. Pada event Hackathon kali ini, ada banyak tema yang tersedia ternyata, hmmm kira-kira ada tema apa aja ya? Yuk kita simak apa aja sih tema yang ada di event tersebut

1. Sustainable Development

Image

Di tema Sustainable Development atau dalam bahasa indonesia adalah Pembangunan Berkelanjutan, membahas penerapan energi hijau untuk menghemat energi di rumah atau mengembalikan energi matahari di rumah ke jaringan listrik, serta sistem pertanian pintar untuk menghemat sumber daya dan meningkatkan jumlah dan kualitas makanan. Tema ini berguna untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan dan teknologi canggih dalam energi dan pertanian untuk mencapai penggunaan sumber daya yang lebih bijak dan mendukung keberlanjutan lingkungan dan sosial.

2. Gaming & Web3

Image

Di tema ini, secara keseluruhan mencakup penggunaan teknologi database seperti PolarDB dalam konteks industri permainan dan Web3 (konsep internet terdesentralisasi), termasuk pembangunan metaverse, permainan berbasis lokasi, dan permainan global yang beroperasi di seluruh dunia.

3. FinTech

Image

Tema ini membahas tentang penggunaan teknologi dalam sektor keuangan. Tema ini mencakup layanan perbankan online, manajemen risiko, layanan keuangan, dan sistem perdagangan. Pada tema teknologi ini bertujuan guna meningkatkan efisiensi, aksesibilitas, dan keamanan dalam industri keuangan, memungkinkan inovasi dalam layanan perbankan, pengelolaan risiko, serta sistem perdagangan dan investasi.

4. E-commerce & Logistics

Image

Terakhir ada tema E-Commerce & Logistics, poin ini bertemakan tentang penggunaan teknologi dalam bisnis e-commerce, meliputi pembuatan situs web resmi untuk merek, flash-sale, peluncuran produk baru, pengalaman berbelanja berbasis siaran langsung, dll. Dalam tema ini, teknologi digunakan agar menciptakan pengalaman berbelanja yang menarik dan interaktif, serta untuk mendukung aspek-aspek seperti promosi, penjualan kilat, dan peluncuran produk baru dalam bisnis e-commerce dan logistik.

Nah Coders, PolarDB Global Hackathon 2023 dimulai dari Desember 2022 hingga Maret 2023. Event kali ini mempunyai hadiah yang sangat spektakuler loh, total hadiah yang ada sekitar 30.000 USD loh Coders! Wah luar biasa sekali ya eventnya, kira-kira nanti akan ada lagi nggak ya acaranya? Stay tuned ya Coders!