Sejarah Google Translate? Fakta Unik Yang Tidak Banyak Orang Tahu

Hisyam Ali Husain 5 September 2023

Sejarah Google Translate? Fakta Unik Yang Tidak Banyak Orang Tahu

Halo Coders! Gimana kabar kalian? Pada tulisan kali ini kira-kira ada yang bisa tebak nggak nih bakal bahas apa? Yups! Kali ini kita akan bahas tentang sejarah Google Translate. Kalian tau nggak Coders, ternyata Google Translate punya sejarah yang unik loh! Penasaran nggak nih kira-kira kalian? oh iya FYI kemarin juga kita udah bahas terkait Teknologi Di Balik Google Translate, buat kalian yang tertarik boleh banget baca artikelnya dulu nih.

Sejarah Awal Mula Terciptanya Google Translate

Siapa sih Coders yang ngga tahu Google Translate? Pasti kalian tau kan apa itu? Yaps betul, Google Translate adalah salah satu layanan teknologi yang dikembangkan oleh Google untuk menerjemahkan dari berbagai bahasa ke bahasa yang diinginkan. Tapi kalian tau nggak sih, ternyata dalam hal unik loh dalam sejarah awal mula terciptanya Google Translate.

Berawal dari sebuah email!

Image

Kisahnya bermula pada tahun 2004, saat Sergey Brin menerima sebuah email dari salah satu penggemar, oh iya perlu Coders ketahui, ia (Brin) merupakan salah seorang yang turut andil mendirikan Google. Awalnya Brin menerima surat dari salah seorang penggemar yang mengirimkan surat ke Google, wajar saja jika Google menerima banyak surat dari para penggemar, karena Google merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan memiliki banyak penggemar dari berbagai penjuru dunia. Namun sayangnya surat yang Ia terima berbahasa Korea, yang mana bahasa tersebut tidak dikuasai oleh Brin. Untuk memahami isi surat dari penggemar tersebut, Brin menggunakan mesin penerjemah yang ia punya, namun setelah melihat kutipan yang sudah berhasil diterjemahkan oleh mesin tersebut membuat Brin tidak habis pikir, kenapa ya kira-kira?

Image

Ternyata hasil dari terjemahan kutipan tersebut ialah "The sliced raw fish shoes it wishes. Google green onion thing!", atau jika diubah ke Bahasa Indonesia kurang lebih akan menjadi seperti ini "Sepatu ikan mentah yang diiris itu keinginannya. Hal bawang hijau Google!". Aneh bukan?

Image

Namun dari situlah Brin memiliki inovasi untuk mengembangkan layanan penerjemah bahasa yang lebih andal dan profesional, hingga akhirnya melahirkan Google Translate sebagai hasil dari inovasi tersebut.

Cikal Bakal Google Translate, Teknologi Penerjemah Pendahulu

Image

Sebelum Google Translate lahir, ternyata teknologi penerjemah sudah ada loh Coders, ada beberapa versi dan perbedaan pendapat mengenai awal mula adanya teknologi ini, salah satu versi menyebutkan bahwa pada tahun 1951, Massachusetts Institute of Technology atau biasa disingkat MIT sudah dahulu mengembangkan teknologi penerjemah, disusul dengan Georgetown University mengembangkan teknologi serupa. Mereka akhirnya sukses membuat suatu mesin yang mekanismenya mirip dengan seseorang yang sedang mencari arti kata-per-kata di kamus, setelah itu disusun sesuai dengan urutan kata yang diinputkan. Namun sayangnya setelah itu perkembangan teknologi mesin penerjemah memasuki fase stagnan. Barulah pada sekitar tahun 1990, teknologi mesin penerjemah mulai berkembang kembali ketika IBM mengembangkan teknologi baru yang sedang mereka kembangkan. Gimana Coders, jadi tau fakta unik seputar Google Translate kan?