Pulse Lab Jakarta Hackathon 2014 - Data Untuk Pelayanan Publik Lebih Baik

Ridwan Fajar 29 September 2014

Pulse Lab Jakarta Hackathon 2014 - Data Untuk Pelayanan Publik Lebih Baik

Pulse Lab Jakarta bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan Jasa Marga mengadakan sebuah Hackathon di Bandung, pada tanggal 26 - 27 September 2014 bertempat di Bandung Digital Valley. Acara ini bertujuan untuk memanfaatkan big data dan historical data untuk pembangunan dan inovasi dalam pelayanan publik. Hari pertama diselenggarkan seminar terlebih dahulu di pagi hari, kemudian disusul dengan Hackathon yang dimulai pada pukul 18.00 - 26 September hingga 18.00 - 27 September 2014.

Sebagaimana yang tertera di laman resminya, ada dua topik yang diangkat di Hackathon. Yaitu:

  • Topik 1: Membangun aplikasi yang mampu melokasikan penyedia kesehatan yang dicakup oleh BPJS, yang juga memungkinkan para pengguna untuk mendaftar layanan kesehatan secara online dan menilai penyedia layanan kesehatan mereka. Data akan disediakan oleh BPJS.
  • Topik 2: Membangun aplikasi yang mampu memberikan informasi komprehensif tentang penggunaan tol Jakarta – Bandung dan mengungkapkan serta memvisualiasikan pola lalu lintas dari tol tersebut dari kedua arah. Data akan disediakan oleh PT. Jasa Marga.
Peserta yang mengikuti topik Jasa Marga ada 10 tim. Peserta yang mengikuti topik BPJS lebih sedikit jumlahnya dibandingkan topik Jasa Marga. Peserta diperbolehkan untuk membangun aplikasi berbasis web, visualisasi data, aplikasi mobile, atau aplikasi inovatif lainnya.

Dari Hackathon ini didapat pemenang sebagai berikut:

Pemenang dari Topik Jasa Marga:

  • Juara Pertama diraih oleh Ismail Hamzah dengan aplikasinya yang berjudul Dynamic Route Guidance. Berhak mendapatkan Rp. 15.000.000
  • Juara Kedua diraih oleh Tim Canggung dengan aplikasinya yang berjudul Assist Toll. Berhak mendapatkan Rp. 7.500.000
Pemenang dari Topik BPJS:
  • Juara Pertama diraih oleh Tim NgideSehat dengan aplikasinya yang berjudul BaPaJaSa. Berhak mendapatkan Rp. 15.000.000
  • Juara Kedua diraih oleh Tim Karma. Berhak mendapatkan Rp. 7.500.000

Sumber Cover Image: http://knowledgehub.pulselabjakarta.org/

(rfs/plj/un)