Rilis Perdana RoboVM, Compiler Java Ke iOS

Yana Permana 14 April 2015

Rilis Perdana RoboVM, Compiler Java Ke iOS

Startup Tillain Mobile telah melakukan rilis perdana RoboVM. RoboVM adalah compiler yang digunakan untuk melakukan compile Java ke platform iOS. Tak hanya itu, bahasa JVM lainnya juga bisa di-compile ke iOS dan compiler ini open source. Tujuan dari Tillain Mobile sendiri adalah ingin membantu jutaan programmer Java dalam membangun aplikasi mobile cross-platform diantaranya platform iOS dan Android.

Bersandar pada runtime Android, RoboVM akan menerjemahkan semua bytecode ke dalam ARM atau x86 machine code tanpa diinterpretasikan. Hasil translasi dapat langsung dijalankan secara langsung pada CPU yang diinginkan. Target utama dari Tillain Mobile adalah Java dan iOS. Selain itu RoboVM juga bisa menghasilkan program yang mampu dijalankan di sistem operasi Mac OSX dan Linux dengan arsitektur x86. Untuk menggunakan RoboVM dibutuhkan Mac dan XCode. Bahasa JVM lainnya yang didukung RoboVM adalah Clojure, Groovy, Kotlin dan Scala.

Dalam rilis ini terdapat fitur bridge Java-to-Objective-C yang mendukung API CocoaTouch. Sehingga objek Objective-C juga dapat digunakan sebagai objek Java. Tillain Mobile mengklaim bahwa kakas ini adalah yang paling sederhana dan paling mudah dibanding JNI (Java Native Interface) ketika mengembangan interface untuk iPhone, iPad dan layanan iOS lainnya.

Rilis ini juga mencakup debugger yang telah ditingkatkan dengan fungsionalitas JDWP yang lengkap (Java Debug Wire Protocol) sebagai bagian dari lisensi komersial, yang memungkinkan programmer untuk melakukan proses debug kode Java langsung dari IDE. Debugger ini mendukung kompresi file HFS+, termasuk Eclipse project wizard, dan memberikan dukungan Maven archetype.

RoboVM menggunakan lisensi GPLv2. Sedangkan lisensi komponen runtimenya menggunakan lisensi Apache v2.0. Trillian Mobile mempertahankan teknologi open source RoboVM, dan menjual lisensi komersial untuk dukungan paket tambahan.

RoboVM ini juga tersedia sebagai plugin untuk Eclipse, yang mengintegrasikan compiler AOT dengan Eclipse Java IDE. Plugin ini tersedia di Eclipse Marketplace. Tillain Mobile mengklaim bahwa dengan menggunakan plugin ini, compile aplikasi pada emulator atau device iOS langsung akan semudah compile aplikasi Java umumnya.

Selain itu Tillain Mobile juga membangun rilis alpha RoboVM untuk Intellij IDEA, sebuah IDE Java. RoboVM juga tersedia di Android Studio. Tillain Mobile mengatakan pihaknya berencana untuk menyertakan integrasi dengan Xcode Interface Builder di rilis berikutnya. Karena di Quartal ke 2 ini akan ditawarkan sebagai fitur komersial.

Pembaca bisa mengunduhnya disini robovm.com dan untuk plugin Eclipse disini marketplace.eclipse.org.

(yp/adtmag)