Sekarang Google Ada Dibawah Alphabet

Yana Permana 11 Agustus 2015

Sekarang Google Ada Dibawah Alphabet

Kabar mengejutkan datang dari perusahaan IT ternama, Google. Pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin mengumumkan struktur baru perusahaannya dimana Alphabet akan menjadi struktur induk bagi Google. Dengan begitu Page menjadi CEO, dan Brin akan menjadi Presiden di Alphabet.

Sedangkan CEO Google akan diserahkan pada Sundar Pichai. Page menulis “I feel very fortunate to have someone as talented as (Pichai) is to run the slightly slimmed down Google and this frees up time for me to continue to scale our aspirations,”.

Tak hanya itu, bisnis lain Google seperti Life Sciences dan Calico Biotech akan punya CEO sendiri. Salah satu alasannya adalah Page ingin berinovasi lebih jauh dan melakukan hal-hal gila lainnya. Page menulis "Many of those crazy things now have over a billion users, like Google Maps, YouTube, Chrome, and Android. And we haven’t stopped there. We are still trying to do things other people think are crazy but we are super excited about."

Alasan lainnya, Page juga ingin setiap bisnisnya dipimpin oleh CEO yang handal. Page menulis "In general, our model is to have a strong CEO who runs each business, with Sergey and me in service to them as needed,".

Disisi pasar, perubahan struktur perusahaan juga memberikan keuntungan bagi pemegang saham. Kini, Alphabet dapat lebih mudah menggerakkan tiap unit perusahaan dengan lebih leluasa.

Google memang belum begitu lama didirikan. Sejak didirikan tahun 1997, kemudian dua tahun selanjutnya membuka kantor resmi dengan hanya 8 karyawan. Dalam waktu lima tahun, Google kemudian booming dan Go Public. Sebelum diumumkannya Alphabet, Google telah dihargai pasar sebesar $ 444.000.000.000. Alphabet akan menggantikan Google sebagai entitas publik yang diperdagangkan sehingga semua saham Google secara otomatis akan dikonversi ke Alphabet.

Yang menjadi keunikan, mengapa Page memilih nama Alphabet? Salah satu alasannya, Page menulis "We liked the name Alphabet because it means a collection of letters that represent language, one of humanity's most important innovations, and is the core of how we index with Google search,".

Dengan demikian, Google ada dibawah Alphabet dengan pimpinan yang sama yakni Larry Page dan Sergey Brin. Dan dengan struktur perusahaan baru, Alphabet tetap memimpin setiap bisnis yang dimiliki Google sebelumnya dan setiap bisnis tersebut akan memiliki CEO sendiri.

(yp/googleblog)