Wawancara dengan Sang JagoCoding

Ridwan Fajar 27 Januari 2015

Wawancara dengan Sang JagoCoding

JagoCoding merupakan sebuah website tutorial yang dibangun dengan kultur social network. Penulis tutorial pemrograman bisa siapapun jika telah mendaftar sebagai member di JagoCoding. Seseorang dapat mengikuti dan diikuti oleh programmer lain. Sehingga orang yang mengikuti seorang member  lain dapat menerima tutorial terbaru dari seseorang. Mau tahu seperti apa JagoCoding? mari simak wawancaranya berikut ini.

Kapan berdirinya Jagocoding.com ?

Jagocoding.com berdiri pada tanggal 3 Mei 2012. Jadi usia sampai saat ini baru satu bulan. Suatu perkembangan yang baik dengan satu bulan ini Jagocoding.com dapat memiliki visitor dengan IP berbeda 90-160 orang per harinya. Dengan fanspage yang sudah memiliki fans 2000 orang lebih.

Inspirasi dibuatnya Jagocoding.com ini darimana ?

Desain website Jagocoding.com terinspirasi dari suatu website bernama css-tricks.com yang mana situs ini menyediakan tutorial-tutorial CSS yang berkualitas dan mempunyai “snippets” (kode siap pakai) sama seperti Jagocoding.com. Namun, di situs ini tutorial hanya dibuat oleh admin, bukan oleh pengguna lain. Untuk jumlah view, komentar, dan love terinspirasi dari situs dribbble.com, tetapi secara konseptual sangat berbeda dengan jagocoding.com. Dan situs dribbble.com itu sendiri adalah situs komunitas desain grafis. Untuk fitur lainnya seperti follow dan lain-lain, itu mengikuti social media yang sedang marak saat ini.

Boleh dijelaskan gak Kang ? Ada fitur apa saja di Jagocoding.com ini.

Fitur utama pada situs Jagocoding.com tentu saja membuat tutorial. Tutorial dibuat oleh pengguna yang sudah mendaftarkan diri di situs Jagocoding.com, yang kemudian rela membagikan ilmunya ke publik untuk dibaca oleh pengguna/pengunjung jagocoding.com lainnya. Adapun fitur-fitur lainnya adalah:

  • Follow, yaitu sejenis subscribe, berlangganan tutorial terhadap orang yang kita follow. Jika kita memfollow “James”, maka kita akan selalu mendapatkan notifikasi bahwa James telah membuat tutorial baru.

  • Comments and Discussion, pengguna dapat memberikan komentar dan diskusi di setiap tutorial.

  • Love, pengguna dapat menyukai tutorial dan dilihat siapa yang menyukai tutorial tersebut.

  • Download PDF, pengguna dapat mendownload versi PDF dari setiap tutorial.

  • Message, fitur untuk mengirim pesan sesama pengguna yang difollow atau memfollow user.

  • Notifications, fitur untuk menampilkan notifikasi ketika ada perubahan/update pada suatu tutorial, komentar, dan sebagainya.

  • Ratings, fitur untuk memberikan rating terhadap suatu tutorial. Kenapa dibuat? Karena pengguna ingin tahu mana tutorial yang paling berkualitas dan mana tutorial yang kurang begitu bagus.

  • Snippets, yaitu koleksi kode-kode siap pakai (tinggal copy paste).

  • Dan beberapa fitur kecil lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Keunikannya Jagocoding.com dibanding dengan website – website belajar pemrograman lainnya apa nih Kang ?

Keunikannya sebenernya banyak, cuma saya sebutkan yang paling terlihat berbeda dengan tutorial yang lainnya, yaitu: user dapat berlangganan tutorial dari user lain, dan dapat berdiskusi secara dinamis pada suatu tutorial. Fitur lainnya yang membedakan dan murni ide dari Jagocoding.com adalah download PDF pada setiap tutorial. Dengan begitu, user dapat mempelajari tutorial-tutorial Jagocoding.com secara offline. User juga dapat mengkoleksi tutorial-tutorial yang berkualitas dengan download PDF yang diinginkan.

Founder Jagocoding.com ini selain Kang Cheyuz siapa lagi Kang ?

Selain saya sebagai Founder, Co-founder Jagocoding.com adalah Titan Firman, dialah yang memberi ide-ide unik dan membantu pembuatan program untuk Jagocoding.com. Dan saya juga merekrut Irvan Riswanto sebagai orang ketiga yang berperan penting untuk situs Jagocoding.com.

Visi dan misi Jagocoding.com sendiri apa Kang ?

Visi:

Membuat para programmer Indonesia semakin cerdas dan berkembang di dalam dunia IT, khususnya programming. Selain itu juga Jagocoding.com ingin membuat bangsa Indonesia selalu bangga akan hasil karya sendiri dan selalu mengikat silaturahmi antar orang di bidang yang sama.

Misi:

  • Membuat fasilitas untuk membuat tutorial yang interaktif, dapat didiskusikan, dibagikan, dan dinilai oleh semua pengguna.

  • Menyediakan fitur yang unik dan terbaik bagi pengguna supaya pengguna nyaman menggunakan situs Jagocoding.com.

  • Membangun sosial yang baik antar programmer melalui diskusi interaktif pada suatu tutorial.

Rencana pengembangan kedepan Jagocoding.com sendiri seperti apa Kang ? Kan yang udah like Jagocoding.com udah sekitar 2500-an nih.hehe

Sudah banyak ide-ide brilian yang sudah kami persiapkan untuk ke depannya. Kalo dikasi tau sekarang ga seru dong ga kejutan. Hehe..

Kenapa Jagocoding.com ini membahas PHP, Javascript, HTML, CSS, dan JAVA?

Jagocoding.com tidak hanya berfokus pada bahasa pemograman di atas, tetapi juga bahasa pemrograman yang lain, bahkan semua bahasa pemrograman. Mungkin karena Jagocoding.com baru berumur 1 bulan, jadi kontributor yang baru terdaftarlah yang expert di bidang itu. Mungkin para kontributor Nyankod juga bisa berkontribusi di Jagocoding.com. Saya rasa di Nyankod juga banyak ahli perl, python, yuk berkontribusi.. :D dan share ilmunya..

Target Jagocoding.com ini sendiri siapa Kang ? Pelajar, Mahasiswa, Dosen atau Pengguna Umum ?

Target Jagocoding.com adalah semua kalangan dengan segala usia, pengguna umum yang ingin belajar memprogram dan belajar bahasa pemrograman.

Kira – kira kapan nih mau launching di Kampus atau institusi lainnya ? Atau sudah pernah melakukan presentasi atau promosi sebelumnya Kang ?

Karena produk Jagocoding.com ini masih beta, maka kami belum pernah melakukan launching. Akan tetapi, diperkirakan dalam waktu dekat ini kami akan melakukan launching. Untuk bulan pastinya, belum bisa ditentukan, soalnya kami masih harus mengumpulkan user dan konten terlebih dahulu sebelum launching, hehe.

Bagaimana nih tanggapan Jagocoding.com dengan munculnya berbagai website – website serupa Jagocoding.com ?

Tidak masalah bagi kami. Digitalisasi itu sangat mudah dijiplak, dicopy, apalagi dengan media internet yang begitu bebasnya untuk melakukan sebuah plagiarisme. Hal tersebut tidak masalah bagi kami, karena kami akan selalu memberikan ide original untuk user. Ide-ide inilah yang akan menjadi sesuatu yang unik bagi kami yang tidak ada di website lainnya.

Bagaimanakah cara Jagocoding.com mengelola pembaca dan kontributor ?

Kami dari tim jagocoding mengelola pembaca dan kontributor dengan cara selalu meluncurkan fitur-fitur yang unik, dan selalu menerbitkan tutorial-tutorial yang fresh dan original (dan tentunya berguna bagi pembaca).

Kalau yang paham coding sebelumnya kan gak masalah yah Kang, langsung belajar apa yang dia suka yang disediakan Jagocoding.com.Kalau yang belum pernah coding sebelumnya tapi ingin belajar hal – hal yang dibahas di Jagocoding.com, bagaimana memulainya Kang ?

Tujuan dari situs jagocoding bukan untuk mengajarkan pemograman dari awal sampai dengan akhir. Jika pengajaran, mungkin bisa diperkuliahan saja atau di pendidikan formal lainnya. Di Jagocoding.com ilmu dasar tersebut dikembangkan, kebanyakan tutorial-tutorial di Jagocoding.com bukan teori yang ada di pendidikan formal tapi berdasarkan pengalaman dan kasus yang biasa ditemukan di dunia kerja.

Boleh memberikan pesan dan saran untuk rekan sejalur Jagocoding.com ?

Tetaplah berkreasi dengan ide-ide yang original (tanpa plagiarisme)

(rfs)