Yukihiro Matsumoto, Perancang Bahasa Pemrograman Ruby

Ridwan Fajar 15 Mei 2014

Yukihiro Matsumoto, Perancang Bahasa Pemrograman Ruby

Terdapat banyak tokoh terkenal di dalam dunia pemograman, namun satu nama yang muncul dan menciptakan perubahan yang mendalam dalam dunia pemrograman adalah Yukihiro Matsumoto.

Sudah pernah mencoba bahasa pemrograman Ruby? jika iya, artinya harus kenal juga dong dengan Matz atau Matsumoto. Matz memiliki kepanjangan Yukihiro Matsumoto adalah perancang bahasa pemrograman Ruby sekaligus Matz Ruby Interpreter.

Yukihiro Matsumoto lahir pada tanggal 14 April 1965, di Prefektur Osaka, Jepang. Semenjak SMA, Matz sudah menggeluti bahasa pemrograman secara otodidak. Kemudian lulus dari perguruan tinggi di bidang Information Science di Universitas Tsukuba pada tahun 1990. Saat itu beliau tergabung dalam laboratorium kompiler dan bahasa pemrograman yang bernama Ikuo Nakata Research Lab.

Bahasa pemrograman Ruby rilis pertama kali pada tanggal 21 Desember 1995, kemudian pada tahun 2011, Ruby menjadi bahasa pemrograman pertama Jepang yang ditetapkan dalam standar industri Jepang atau JIS.

Apa itu bahasa pemrograman Ruby? Jadi Ruby adalah bahasa pemrograman dinamis dan enteng yang juga banyak di gunakan untuk mendukung produktifitas pengembang web. Bahasa pemrograma ruby adalah bahasa pemrograman pertama yang di kembangkan oleh matsumoto yang membawa kemudahan bagi pengembang web hingga sekarang.

Pada April 2012 beliau melakukan konferensi pers karya barunya yaitu implementasi Ruby yang di kenal mruby. Implementasi baru tersebut memiliki penggunaan memori yang lebih sedikit, bisa di gunakan di program yang lain, dan dibangun di atas virtual machine bernama ritevm.

Pada tahun 2011 beliau bekerja sebagai Chief Architect Ruby di Heroku. Sebuah perusahaan Platform As A Service yang berkedudukan di San Francisco. Selain itu beliau juga bekerja di Research and Development Rakuten Inc dan beliau di angkat menjadi penasihat teknis untuk VASILY Inc mulai bulan Juni 2014.

Pada bulan desember 2014, kemudian Matsumoto menggeluti pekerjaan baru yang di sebut Streem bersifat sumber terbuka. Streem adalah sebuah bahasa konkruen berdasarkan model pemrograman yang mirip dengan Shell, dengan pengaruh Ruby, Erlang, dan bahasa pemrograman fungsional lainnya.

Matsumoto adalah perancang bahasa pemrograman Ruby sekaligus investor untuk Treasure Data. banyak program perusahaan seperti Fluentd menggunakan Ruby sebagai bahasa utama mereka.

Selain menjadi perancang bahasa pemrograman Ruby, sebelumnya matsumoto pernah bekerja untuk perusahaan sumber terbuka Jepang, Netlab.jp. Karena lihai dalam dunia pemrograman. Matsumoto berhasil di kenal sebagai salah satu pelopor sumber terbuka di Jepang. Beliau telah merilis beberapa produk sumber terbuka termasuk Cmail. Cmail adalah agen pengguna surat berbasis Emacs yang ditulis sepenuhnya dalam Emacs Lisp.

Baca Juga : Buat Program Ruby Pertamamu Disini!

Hingga saat itu bahasa pemrograman Ruby menjadi salah satu perangkat lunak pertama matsumoto yang berhasil membawa perubahan penduduk Jepang. Pasalnya bukan hanya di Jepang, kini bahasa pemrograman Ruby sudah familiar hingga pelosok Dunia.

Jika ingin belajar lebih luas perkembangan bahasa pemrograman dan menemukan skills komphrensif dalam dunia teknologi maka kunjungi CODEPOLITAN ya.

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Yukihiro_Matsumoto http://commons.wikimedia.org/wiki/File:Matz_on_a_Mac_2.jpg