15 E-Book Gratis tentang Javascript

Ridwan Fajar 1 Agustus 2014

15 E-Book Gratis tentang Javascript

Javascript adalah sebuah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Brendan Eich dan Netscape untuk menciptakan halaman web yang lebih interaktif dan dinamis. Di awal kelahirannya, Javascript lebih banyak digunakan di web browser dengan fungsionalitasnya seperti DOM manipulation untuk menciptakan web dinamis. Saat itu Javascript lahir di browser Netscape Navigator yang tidak lain menjadi pesaing dari VBScript yang dimiliki oleh Internet Explorer. Kemudian Javascript banyak digunakan di web browser lain seperti Chrome, Opera, Safari, Konqueror, dan lainnya.

Tapi kini Javascript sudah memiliki lingukngan yang tidak hanya diperuntukkan web browser saja. Javascript sudah dapat digunakan untuk membuat aplikasi desktop, aplikasi mobile, dan aplikasi web sebagai server side. Di ranah desktop terdapat framework seperti TideSDK, AppJS, dan IGNSDK yang dapat memfasilitasi pengembang Javascript untuk membuat aplikasi desktop, karena Javascript konvensional tidak dapat mengakses file system dan sistem operasi. Di ranah mobile sudah banyak framework yang dapat memfasilitasi Javascript untuk digunakan sebagai pengembangan aplikasi mobile seperti Phonegap, Sencha, dan Titanium. Bahkan ada juga sistem operasi mobile yang pengembangan aplikasi menggunakan Javascript dan HTML5 seperti Firefox OS. Di server side kita mengenal NodeJS yang dapat memfasilitasi pengembang web untuk membangun aplikasi mereka menggunakan Javascript.

Tertarik untuk mempelajarinya lebih dalam lagi? berikut ini ada 15 Free E-Book tentang Javascript yang dapat dipelajari. Mari kita simak.

1. Quick Guide Firefox OS - Andre Garzia

E-Book ini dapat Anda baca di halaman resminya, buku tersebut membimbing kita untuk membangun aplikasi di Firefox OS. Anda dapat mengenal konsep daur hidup aplikasi di Firefox OS, membangun aplikasi di Firefox OS, dan cara mem-publish aplikasi Firefox OS yang telah kita bangun ke Firefox Market.

2. Panduan PHP Ajax JQuery - Desrizal

E-Book ini ditulis oleh Desrizal dari Codingwear, buku tersebut berisi materi tentang Javascript dasar, penggunaan framework JQuery untuk mempermudah membangun kode Javascript kita, dan penggunaan AJAX JQuery sebagai fasilitas untuk komunikasi data antara server dan client. Misal dengan AJAX JQuery kita dapat membuat select yang dinamis dimana ketika kita memilih provinsi yang berbeda, maka select yang berisi daftar kota akan menyesuaikan dengan kota yang ada di provinsi yang terpilih.

3. NodeJS Up and Running - Tom Hughes Croucher & Mike Wilson

E-Book ini dirilis dalam bentuk web oleh O'Reilly. Untuk versi PDF nya kita harus membeli dari O'Reilly. Di dalam E-Book ini dibahas mengenai pengenalan NodeJS, membuat aplikasi chat dengan NodeJS, melakukan crawl terhadap tweet dari Twitter, dan memperdalam API yang dimiliki NodeJS. Buku ini direkomendasikan juga oleh Ryan Dahl, pencipta dari NodeJS.

4. Node's Book - Mixu (Mikito Takada)

E-Book ini disusun dalam bentuk halaman web dan berisi tentang NodeJS. Ditulis oleh Mixu yang merupakan nama samaran dari Mikito Takada. Di dalam E-Book ini dibahas tentang Javascript dasar yang dijalankan menggunakan NodeJS (tidak dijalankan di browser), kemudian ada juga pengenalan dari NodeJS, modul yang terdapat di dalamnya, pengenalan Node Package Manager, pengenalan Event di NodeJS, mengenal HTTP & HTTP serta File System.

5. AngularJS Succintly - Frederik Deltz

AngularJS merupakan salah satu framework Javascript yang berbasis MVVM, dengan paradigma tersebut diharapkan pengembangan aplikasi web menggunakan Javascript menjadi lebih mudah dan cepat serta terstruktur. Selain itu AngularJS dapat digunakan juga untuk mempermudah pembangunan single page application. Di buku tersebut dibahas mengenai pengenalan AngularJS, Controller, Directive, Filter, Consuming External Services, URL, Routing, and Partials, Common User Interface Pattern, dan Backend Integration with NodeJS and Ruby on Rails.

6. Developing BackboneJS Applications - Addy Osmani

Buku tentang membuat aplikasi web menggunakan BackboneJS ini ditulis oleh Addy Osmani, sang pencipta Yeoman dan tim dari Polymer. Aslinya buku ini dirilis dalam versi berbayar oleh O'Reilly. Tapi Add Osmani merilis juga versi free dalam bentuk web. Di dalam bukunya dibahas tentang MVC Fundamentals, Backbone Basics, Membuat aplikasi todo dengan BackboneJS, membuat aplikasi book library dengan BackboneJS dan NodeJS, mengenal ekstensi dari BackboneJS, pagination menggunakan BackboneJS, dan masih banyak lagi.

7. Single Page Apps in Depth - Mixu (Mikito Takada)

E-Book ini membahas tentang bagaimana cara membangun single page application terlepas dari framework manapun. Anda akan belajar cara membuat aplikasi single page application tanpa menggunakan framework yang sudah tersedia, karena Anda akan mengenal konsep yang lebih fokus. Di dalamnya dibahas tentang pengenalan, menulis maintainable code, membuat view layer, membuat model layer, membuat collection, dan mengenal templating.

8. Building Browser Apps with Google Chrome - Andy Sylvester

Dengan Javascript, Anda dapat membuat sebuah aplikasi yang dapat berjalan di atas Chrome tidak hanya menggunakan koneksi internet. Anda dapat membuat aplikasi yang dapat bekerja secara offline. Di buku ini Anda akan mengenal cara membuat aplikasi di Chrome, membuat game tebak angka, membuat aplikasi pembaca RSS, dan mempelajari cara mendistribusikan aplikasi Chrome yang telah dibangun.

9. Build Javascript Framework - DailyJS

E-Book ini mengajak Anda untuk mengenal cara membuat framework untuk Javascript. Jika biasanya Anda menggunakan framework, Anda akan dikenalkan seluk beluk membuat framework untuk Javascript. Disini Anda akan dikenalkan dengan object oriented javascript, functional programming, selector engine, events, AJAX, animations, touch, chained API, dan feature detection.

10. Eloquent Javascript - Marijn Haverbeke.

E-Book ini membahas tentang dasar - dasar pemrograman pada umumnya dan Javascript. Di dalam buku ini akan dibahas tentang program structure, function, data structure, error handling, regular expression, document object model, handling event, drawing on canvas, Node.JS, dan lainnya.

11. DOM Enlightenment - Cody Lindley

E-Book ini akan membawa Anda menjelajahi hubungan antara Javascript dan HTML DOM modern. Versi PDF dapat Anda beli dari O'Reilly. Buku ini akan membuat Anda mengenal lebih dalam tentang DOM. Materi yang dibahas antara lain pengenalan Node, Document Nodes, Element Nodes, Element Node Selecting, Element Node Geometry, Text Node, DOM Events, dan lainnya.

12. Javascript Allonge - Raganworld

E-Book ini memang harus dibeli jika menginginkan versi PDF-nya. Tapi Anda dapat membacanya dalam versi web. Javascript Allonge ini merupakan buku yang berisi materi lanjut untuk programmer Javascript. Di dalamnya terdapat pembahasan tentang function, rebinding and reference, objects, mutation, state, instance, dan class

13. Learning Javascript Design Patterns - Addy Osmani

Memang Addy Osmani ini salah satu pengembang Javascript yang produktif menulis Buku. Kali ini di bukunya yang berjudul Learning Javascript Design Pattern, akan dibahas tentang design pattern di Javascript. Design pattern adalah sebuah algoritma atau logika yang sering digunakan dan selalu muncul di setiap pembangunan Javascript. Dengan mengenal design pattern maka pengembang lain tidak perlu menulis pattern yang sama dengan yang sudah ada sebelumnya. Buku ini berisi materi tentang apa itu pattern, anti-pattern, writing design pattern, Javascript design pattern, Javascript MVpattern, modern modular Javascript design pattern, design pattern in javascript*, dan lainnya.

14. Patterns for Large-scale Javascript Application Architecture - Addy Osmani

E-Book ini merupakan tingkat lanjut dari buku Learning Javascript Design Pattern. Anda akan mengenal pembuatan pattern untuk aplikasi berskala besar dengan menggunakan Javascript. Di dalamnya akan dibahas mengenai the proposed architecture, module theory, CommonJS module, applying the mediator, dan lainnya.

15. Javascript Garden - Ivo Wetzel

E-Book yang ditulis dalam rupa web ini membahas tentang kesalahan - kesalaha umum yang sering dibuat oleh pengembang Javascript. Disini Anda juga akan mengenal sintaks Javascript yang sesuai dan efektif sehingga aplikasi yang Anda kembangkan memiliki bug dan kesalahan minimal hanya karena salah sintaks dan aturan. Di dalamnya dibahas tentang kesalahan pada penulisan sintaks objects, functions, arrays, types, core, dan kesalahan lainnya.

(rfs)

Sumber Cover Image: Freepik