6 Online JSON Viewer untuk Pengembang Aplikasi

Ridwan Fajar 3 Agustus 2014

6 Online JSON Viewer untuk Pengembang Aplikasi

JSON atau Javascript Object Notation, adalah sebuah himpunan yang berisi daftar objek javascript. Selain menggunakan XML untuk web service, JSON juga digunakan untuk menjadi standard komunikasi antar aplikasi. JSON ini bisa digunakan sebagai tempat konfigurasi sebuah aplikasi, menghasilkan API yang akan dikonsumsi oleh aplikasi yang kita kembangkan, atau mengirimkan data kepada aplikasi dari client ke server.

Untuk membantu Anda yang ingin menggunakan JSON, berikut ini ada beberapa JSON Viewer yang dapat digunakan ketika Anda mengembangkan aplikasi. Jangan khawatir karena beberapa alat ini bersifat online sehingga dapat diakses ketika Anda berada di kantor, sekolah, atau di tempat yang ada koneksi internet lainnya. Beberapa kegunaan dari online JSON viewer ini adalah dapat memberikan pewarnaan pada JSON, JSON validator, JSON explorer, menampilkan JSON dengan lebih rapi dan cantik, serta beberapa kegunaan lainnya.

Berikut adalah 6 Online JSON Viewer yang Bisa Anda Coba:

1. JSONLint

Salah satu kegunaan yang ditawaran JSONLint selain menampilkan JSON dengan rapi adalah adanya validator. JSONLint dikembangkna oleh Arc90 Lab.

2. JSON Editor Online

[caption id="attachment_1455" align="aligncenter" width="350"]JSON Editor Online JSON Editor Online[/caption]

JSON Editor Online ini memiliki kegunaan seperit membuka file JSON yang ada di komputer kita, atau membuka dari URL tertentu, kemudian kita dapat menyimpan hasil JSON kita yang telah di-edit ke komputer kita. Selain itu disana terdapat pencarian item di JSON, serta expander yang dapat mempermudah menjelajahi JSON. Terdapat juga beberapa shortcut yang dapat digunakan selama proses editing.

3. JSON Parser Online

[caption id="attachment_1457" align="aligncenter" width="350"]JSON Parser Online JSON Parser Online[/caption]

Di JSON Parser Online ini Anda dapat melakukan validasi JSON dan melakukan pewarnaan. Selain itu Anda dapat meng-upload file JSON dan menyimpannya kembali di komputer Anda setelah selesai editing.

4.  Javascript Beautifier

[caption id="attachment_1458" align="aligncenter" width="350"]JSON Beautifier JS Beautifier[/caption]

Online Javascript Beautifier ini memiliki opsi yang sangat detail, agar kode Javascript, XML, JSON, atau JSONP Anda menjadi lebih rapi.

5. Online JSON Viewer

[caption id="attachment_1459" align="aligncenter" width="350"]Online JSON Viewer Online JSON Viewer[/caption]

Online JSON Viewer yang satu ini memiliki kegunaan untuk mempercantik JSON ketika ditampilkan dan terdapat expander yang mempermudah penjelajahan JSON.

6. JSON Editor

[caption id="attachment_1456" align="aligncenter" width="350"]JSON Editor JSON Editor[/caption]

Dengan menggunakan JSON Editor Anda dapat menyunting XML atau JSON. Kemudian dapat disimpan di komputer lokal. Selain itu terdapat expander dan opsi penyunting lainnya. Anda juga dapat melakukan drag n drop terhadap suatu item.

Sumber Cover Image: Freepik

(rfs)