Addy Osmani, Sang Kreator Yeoman, AuraJS, BasketJS, TasteJS dan Polymer

Ridwan Fajar 22 Mei 2014

Addy Osmani, Sang Kreator Yeoman, AuraJS, BasketJS, TasteJS dan Polymer

Ada yang pernah melihat free ebook yang berjudul Developing Application with BackboneJS? Jika tidak pernahkah Anda mengunjungi Blog Jquery dan melihat banyak tulisan yang di tulis oleh Addy Osmani? Ya, dialah sang penulis dari buku BackboneJS yang di terbitkan O'Reilly tersebut.

Addy Osmani merupakan salah satu penulis di Blog Jquery. Penasaran bagaimana ia bisa menjadi kreator yeoman yang fenomenal kala itu? Jika penasaran ayo kita ulas sosok aktifis ini.

Profile Addy Osmani

Addy Osmani, seorang lulusan sarjana ilmu komputer dari University of Shefield dan magister ilmu komputer dari University of Warwick. Selain itu Addy mendapatkan juga sertifikasi dari University of Oxford antara lain Design for Security Certification dan Platform and Application Security Certification. Saat ini Addy merupakan seorang engineer di Google, tepatnya di project Chrome. Website pribadinya berisi tentang web tooling, web development, Javascript, dan berbagai tulisan seputar web framework yang dibuat olehnya atau yang digunakannya.

Addy Osmani dikenal karena Addy menciptakan berbagai alat yang dapat membantu pengembangan aplikasiweb. Berikut adalah alat untuk pengembangan aplikasi web yang di ciptakannya baik itu oleh dirinya atau bersama timnya:

1. Yeoman

Yeoman, generator untuk aplikasi web yang berbasis AngularJS, BackboneJS, dan EmberJS. Yeoman adalah alat yang memungkinkan pengembang untuk membuat proyek web baru dengan cepat menggunakan generator proyek, yang mengotomatiskan banyak tugas konfigurasi dan pengaturan awal. Ini membantu dalam mempercepat proses pengembangan dengan menyediakan templat dan alat yang sudah siap pakai. cek di sini ya (https://yeoman.io/)

2. Polymer

Polymer,adalah perpustakaan JavaScript yang dikembangkan oleh Google untuk membangun aplikasi web dengan komponen-komponen web yang dapat digunakan kembali. Ini memanfaatkan konsep-konsep Web Components untuk menyederhanakan pembangunan aplikasi web dengan memungkinkan pengembang untuk membuat dan menggunakan komponen-komponen kustom. library yang digunakan untuk membuat elemen HTML custom dan reuseable WebComponents & UMD, pattern untuk modul Javascript agar dapat berjalan dimana saja

3. TasteJs

TasteJS adalah platform yang dikembangkan oleh Addy Osmani yang bertujuan untuk menyediakan sumber daya, artikel, dan alat untuk mempelajari JavaScript dan pengembangan web modern. Ini mencakup berbagai topik seperti arsitektur aplikasi web, performa, dan praktik terbaik.

4. BasketJs

Basket.js adalah pustaka JavaScript yang dikembangkan untuk mengelola dan memuat aset-aset web, seperti file JavaScript dan CSS, dengan cara yang efisien. Ini membantu mengoptimalkan kinerja aplikasi web dengan memuat aset secara asinkron. Basket, script yang digunakan sebagai resource loader untuk caching menggunakan Local Storage

5. AuraJs

Aura, arsitektur Javascript yang bersifat event-driver untuk mengembangkan component-based applications (https://github.com/aurajs/). AuraJS adalah kerangka kerja JavaScript yang dikembangkan oleh Google. Ini dirancang untuk mempermudah pengembangan aplikasi web dengan menggunakan pola-pola desain dan praktik-praktik terbaik yang telah diuji secara luas.

Addy juga memiliki beberapa buku yang ditulisnya dan dapat dibaca secara gratis oleh para antusias Javascript dan web development. Berikut buku yang ditulis oleh Addy Osmani:

  1. Developing BackboneJS Applications: (https://github.com/addyosmani/backbone-fundamentals)
  2. Learning Javascript Design Pattern (https://patterns.addy.ie/)
  3. Pattern for Large-Scale Javascript Development (http://addyosmani.com/largescalejavascript/)

Selain itu Addy memiliki slide yang diunggahnya ke Slideshare sebanyak 11 slide dan terdapat juga slide miliknya sebanyak 24 slide yang diunggah ke SpeakerDeck Tentu saja slide yang diunggahnya banyak yang membahas tentang web development dan Javascript.

Lalu dimanakah kita dapat kontak dengan Addy ? Berikut daftarsocial network dan layanan komunikasi yang digunakannya jika ingin berinteraksi dengannya

Github : (https://github.com/addyosmani) Twitter X: (https://twitter.com/addyosmani)

Banyak sekali yah karyanya :D, baik itu buku, alat, slide, dan tulisan di banyak blog yang melibatkan Addy. Sebagai penginspirasi berikut adalah quotes yang ditulis oleh Addy: First do it, then do it right, then do it better. This is one fundamental I always keep in mind when developing anything. If you're a developer wishing to learn something new, regardless of skill-level, remember that as important as it is to read, it's equally as important to get out there and do Semoga menginspirasi dan menciptakan banyak karya :D

(Sumber gambar: http://media.creativebloq.futurecdn.net">http://media.creativebloq.futurecdn.net)