Ayo Belajar Pemrograman Sambil Main Game

Ridwan Fajar 31 Desember 2014

Ayo Belajar Pemrograman Sambil Main Game

Kini banyak sekali orang yang ingin mempelajar pemrograman komputer. Dengan berbagai pilihan bahasa pemrograman, banyak sekali orang yang semakin antusias untuk memulai membuat perangkat lunak menggunakan bahasa pemrograman pilihannya. Tapi terkadang ada langkah yang sulit dijangkau karena kendala teknis seperti tutorial yang cukup rumit untuk dipahami, atau punya gaya belajar lain seperti menonton video tutorial atau kursus. Karena pemrograman komputer ini memang butuh usaha besar dan kemauan tinggi, maka seringkali mood seseorang dapat jatuh dengan cepat karena frustasi dengan error yang didapat disana - sini.

Selain gaya belajar lain seperti menonton video, kini ada banyak game yang dibungkus sedemikian rupa agar membimbing Anda untuk belajar pemrogramam komputer. Dengan berbagai jenis alur permainan dan bahasa pemrograman yang dipakai, Anda dapat memilihnya sesuai target yang ingin Anda capai. Berikut adalah game yang dapat membantu Anda untuk belajar pemrograman komputer:

1. CodeCombat

Sama seperti judulnya, kamu akan bermain memainkan Hero pilihan kamu dilengkapi pelindung, senjata, dan item. Kamu akan melalui banyak stage untuk menuju stage terakhir. Kamu memiliki tiga atribut yaitu damage, health, dan speed. Ketiga atribut tersebut dapat dinaikkan ketika mendapat semacam poin experience. Kamu bisa memilih bahasa pemrograman Python, Clojure, CoffeScript, Javascript, Lua, dan IO.js.

2. CodeSchool - Try Objective C

Objective C merupakan bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi untuk iOS (iPhone dan iPad) dan OSX (Mac). Game ini berupa platformer seperti Super Mario. Ada lima stage yang akan kamu lalui yaitu Grass World, Ice World, Sand World, Lava World, dan Space World. Melalui Game ini, kamu akan mempelajari dasar pemrograman Objective C dan mempelajari fitur - fitur umum Objective C.

3. Grok Learning - Eliza Chatterbot

Grok Learning turut juga dalam event Hour of Code. Grok Learning menyumbangkan sebuah mini game yang bernama Eliza ChatterBot. Kamu akan mencoba memrogram Eliza dan berinteraksi dengannya melalui bahasa pemrograman Python. Ada 16 stage yang akan kamu lalui.

4. CodeMonkey

Sebuah mini game yang akan membantu kamu dalam mempelajari dasar pemrograman, dengan melakukan misi untuk membantu seekor monyet menjalankan misinya. Dipandu bersama profesor yang akan muncul setiap perpindahan stage, kamu harus melakukan instruksi yang disampaikan profesor. Sistem belajar yang diterapkan di CodeMonkey adalah bagaimana kita memperbaiki sebuah kode program.

5. CodeOrg Studio

Sebagai pengusung dari event besar Hour of Code, Code.Org memiliki sebuah game dengan nuansa Angry Bird tapi dimainkan dengan mengatur sejumlah blok kode seperti Scratch. Ada 20 stage yang dapat kamu jajal dengan kemampuan pemrograman kamu. Disana kamu akan bermain dalam sebuah labirin. Di dalam labirin tersebut kamu harus membantu si burung merah untuk melawan babi hijau di tempat yang berlainan dengan bantuan kode program yang kamu susun.

6. CodeHS

CodeHS mempersembahkan pula sebuah game untuk belajar pemrograman komputer. Ada 12 stage yang akan kamu lalui. Game tersebut bertujuan agar kamu dapat membimbing Karel, seekor anjing dalam game tersebut, menjalankan misinya. Materi yang diberikan adalah dasar pemrograman komputer.

7. Tynker

Tynker sebuah perusahaan produsen alat belajar untuk pemrograman dan inovasi teknologi. Tynker ikut juga membuat game untuk merayakan Hour of Code. Disini kamu bisa bermain tujuh game yang disediakan gratis oleh Tynker seperti Candy Quest (Beginner), Trail Blazer 1 (Beginner), Animated Card Creator (Beginner), 2 - Player Cannon Game (Advanced), Dragon Dash (Intermediate), Debugger (Intermediate), dan Arcade Shooter (Intermediate). Jadi kamu dapat mencoba banyak game dengan berbagai tingkatan di Tynker. Kamu dapat memilih mode blok atau kode.

(rfs/code.org/codeschool)