Dua Versi jQuery Dirilis di Awal Tahun 2016

Ridwan Fajar 8 Februari 2016

Dua Versi jQuery Dirilis di Awal Tahun 2016

Bulan Januari lalu jQuery Team merilis dua versi jQuery yaitu versi 2.2 dan 1.12. Versi ini sedang diusahakan oleh jQuery Team untuk menjadi rilis terakhir dari branch 1.x dan 2.x sebelum rilisnya jQuery 3.0. Performa dari selector engine pun telah ditingkatkan dengan adanya shortcut path yang menggunakan precompiled sizzle selector ketika selector tidak bisa diproses dengan metod native querySelectorAll atau matchesSelector.

Fitur non-breaking yang ditambahkan ke versi terbaru pun cukup beragam dan diharapkan dapat membantu web developer. Fitur terbaru tersebut antara lain SVG class manipulation, dukungan terhadap symbol / iterator, jQuery.htmlPrefilter(), dan jQuery.uniqueSort alias.

Perbaikan di versi 2.2.0 cukup banyak, diantaranya terdapat perbaikan di sisi AJAX, Attr, Attributes, Authors, Build, Callbacks, Contributing, Core, Css, CSS, Data, Deferred, Deprecated, Docs, Effects, Event, Manipulation, Misc, Offset, Readme, README, Release, Selector, Serialize, Sizzle, Support, Tests, dan Traversing. Untuk melihat daftar lengkap perubahan di versi 2.2 dan 1.12, Anda dapat melihatnya di kiriman asli rilis jQuery 2.2 dan 1.12.

Selain itu di kiriman terbarunya, jQuery Foundation pun berencana merilis versi 3.0 untuk menjadi rilisan tunggal jQuery yang akan selalu dirilis setiap waktunya. Kemungkinan versi 2.x dan 1.x tetap akan dilanjutkan karena akan terdapat breaking change di versi 3.0.

(rfs/jquery)