Dukungan Cars.Com dan Dynatrace untuk Kesuksesan Node.js Foundation

Ridwan Fajar 4 Oktober 2016

Dukungan Cars.Com dan Dynatrace untuk Kesuksesan Node.js Foundation

Dikutip dari Node.js News, pada tanggal 17 Agustus 2016, The Node.js Foundation mengumumkan berita penting dimana bergabungnya dua perusahaan besar di Amerika Serikat yaitu Cars.Com dan Dynatrace di foundation. Kedua perusahaan tersebut bergabung sebagai silver member.

Ekosistem untuk alat dan layanan untuk enterprise semakin banyak menggunakan Node.js, yang akhirnya semakin banyak platform yang ditenagainya muladi dari aplikasi enterprise, robotika, API engine, cloud stack, dan website mobile. Javascript runtime environment sendiri memiliki sifat resource-efficient, high-performing dan sangat cocok untuk skalabilitas. Hal ini membuat Node.js menjadi teknologi mainstream di kalangan startup dan enterprise khususnya untuk pengembangan aplikasi dan arsitektur microservice. Selain itu Node.js menjadi salah satu 10 bahasa pemrograman teratas untuk fullstack, frontend, dan backend developer yang disurvei oleh StackOverflow pada tahun 2016.

Cars.Com sendiri adalah sebuah perusahaan yang lahir pada tahun 1998 dan bermarkas di Chicago. Sebuah website yang dapat memberikan informasi dari ahli mobil dan pengguna mobil untuk menolong pembeli dan pemilik memberli, menjual, dan memperbaiki mobil mereka. Website tersebut menawarkan juataan kendaraan baru dan bekas, database yang berisi review konsumen, alat untuk meneliti dan menentukan harga, expert content, dan berbagai pilihan untuk menjual mobil. Cars.Com menggunakan Node.js untuk scaling terhadap website high-traffic mereka untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan layanan yang semakin baik.

Baca juga: Express.js Bergabung dengan Program Inkubator Node.js Foundation

Menurut Darrell Pratt, direktur pengembangan perangkat lunak di Cars.Com, menuturkan bawah sebelum menggunakan Node.js, Cars.Com menggunakan content management yang sangat lawas yang tidak membuat mereka memenuhi kebutuhan konsumen. Cars.Com pernah menerima kunjungan selama 30 hingga 35 juta per bulan. Node.js memberikan fitur - fitur yang membantu Cars.Com semakin baik, dan mentransformasikan arsitektur mereka menuju microservice, selain itu dukungan komunitas dan banyaknya library serta tools yang dimiliki Node.js membuat Cars.Com tertartik untuk memberikan tenaga tambahan untuk Node.js Foundation.

Dynatrace adalah sebuah sebuah perusahaan yang bergerak dalam digital performance management. Dengan semakin banyaknya enterprise yang beralih dan menerapkan microservice-type architecture, Node.js adalah salah satu teknologi kunci yang mengikatkan sistem frontend dan backend untuk menyediakan performa aplikasi yang baik yang ditawarkan oleh Dynatrace.

Alois Reitbauer, Chief Technology Strategist di Dynatrace, menuturkan bahwa Node.js selalu menjadi pemain kunci dalam proses transformasi bisnis para enterprise. Dynatrace memenuhi kebutuhan para enterprise akan kebutuhan performance monitoring. Oleh karena itu Dynatrace tertarik untuk berkontribusi pada platform Node.js dan ingin membantu developer untuk meningkatkan kemampuan monitoring mereka.

Bergabungnya Cars.Com dan Dynatrace turut memeriahkan foundation yang telah dianggotai oleh berbagai perusahaan besar seperti IBM, Intel, Joyent, Microsoft, PayPal, RedHat, GoDaddy, NodeSource, dan lainnya.

(rfs/nodejs)