Firefox OS, Pendatang Baru Penantang Android dan iOS

Ridwan Fajar 23 Juli 2014

Firefox OS, Pendatang Baru Penantang Android dan iOS

Sistem operasi mobile phone seperti Android atau iOS pasti sudah akrab dengan para pengguna gadget. Kedua sistem operasi mobile tersebut selalu bersaing untuk meraih pasar di dunia. Di Google I/O 2014 disampaikan bahwa Google merilis versi terbaru Android yang bernama Lollipop. Sedangkan di Apple Worldwide Developer Conference 2014 disampaikan bahwa Apple merilis iOS terbaru dengan nama Yosemite. Selain kedua sistem operasi tadi, di pasar mobile terdapat juga beberapa sistem operasi mobile seperti Windows Phone 8, Blackberry OS, Tizen OS, Ubuntu Touch, dan Firefox OS.

Image

Sumber Image: blog.mozilla.org

Kali ini kita akan membahas sebuah sistem operasi mobile yang diusung Mozilla yaitu Firefox OS. Mozilla mempunyai misi agar pemberdayaan penggunaan internet dapat menjangkau semua kalangan. Beberapa target dari Firefox OS adalah merambah pasar negara berkembang, dimana sebagian penduduk di negara tersebut belum mampu membeli smartphone yang berbasis Android dan iOS. Karena harga yang cukup tinggi penduduk di negara berkembang lebih memilih membeli featured phone. Dengan alasan tersebutlah Firefox OS dikembangkan agar penduduk di negara berkembang dapat memiliki featured phone yang memiliki kemampuan seperti smartphone.

Mozilla sendiri menjamin kebebasan bagi pengembang aplikasi untuk merilis aplikasinya diluar pasar daring yang dimiliki Mozilla yaitu Firefox Market atau di pasar yang dimiliki sendiri oleh pengembang aplikasi. Pengembang aplikasi pun diberi kemudahan untuk mengembangkan aplikasi di Firefox OS. Mozilla memberikan solusi pengembangan aplikasi di Firefox OS dengan menggunakan HTML5, Javascript, dan CSS3. Tentu saja hal ini tidak akan berbeda jauh dengan pengembangan aplikasi web biasa untuk versi desktop. Dengan teknologi yang sudah standard tersebut Anda dapat mengembangkan aplikasi di Firefox OS dengan lebih mudah dan terbuka.

Image

Firefox Marketplace di Firefox OS

Sumber Image: https://wiki.mozilla.org/Marketplace

Untuk Anda yang akan tertarik menjadi pengembangan aplikasi di Firefox OS, Anda dapat mulai melihat - lihat seperti apa rupa dari Firefox OS. Hal yang harus Anda lakukan adalah mengunduh peramban web Firefox terbaru. Kemudian pasang Firefox OS Simulator dengan mencarinya di bagian pengaya di peramban Firefox tersebut. Anda akan melihat sebuah pengelola dari Firefox OS Simulator ketika memilih menu Tools > Web Developer > Firefox OS Simulator setelah Anda berhasil memasang simulator tersebut di peramban Firefox Anda. Mozilla juga menyatakan bahwa dengan mengembangkan aplikasi di Firefox OS, aplikasi dapat digunakan di Firefox untuk versi desktop dan versi Android (tentunya dengan beberapa perubahan yang harus dilakukan).

Pengaya Firefox OS Simulator yang sudah terpasang di Perambang Firefox

Image

Sumber Image: https://www.mozilla.org/id/firefox/

Dashboard dari Firefox OS Simulator

Image

Sumber Image: https://hacks.mozilla.org/

Firefox OS Simulator sedang dinyalakan

Image

Sumber Image: https://hacks.mozilla.org/

Firefox OS Simulator yang sudah memasuki versi 4.0.x ini dikembangkan oleh Myk Melez. Pengaya ini memiliki ukuran 50 - 70 MB dikarenakan file - file yang diunduh adalah aplikasi bawaan dan file simulasi lengkap dari Firefox OS. Selain untuk mencoba melihat bagaimana rupa dari Firefox OS, Anda juga dapat memasang aplikasi baik itu dari lokal di dalam komputer Anda atau dari Firefox Market. Selain itu untuk pemasangan aplikasi di luar simulator Anda dapat menggunakan pengelola simulator Firefox OS. Anda memilih aplikasi yang sudah dibangun di komputer Anda dan dari URL lain. Firefox OS Simulator ini hanya cocok untuk Firefox OS 1.1, diatas versi tersebut Anda harus menggunakan App Manager yang sudah menjadi fitur bawaan di Firefox 29 ke atas. Anda dapat melihat App Manager dengan memilih menu Tools > Web Developer > App Manager.

Anda tertarik untuk mempelajari lebih dalam tentang WebAPI dan Firefox OS? Anda dapat mengunjungi tautan berikut: https://hacks.mozilla.org/

Sumber Cover Image: https://www.notebookcheck.net/

(rfs)