Kini Django Channels Disertakan sebagai Proyek Resmi Django

Ridwan Fajar 12 Oktober 2016

Kini Django Channels Disertakan sebagai Proyek Resmi Django

Diberitakan oleh Andrew Godwin pada tanggal 9 September 2016, dengan penuh sukacita, Django Channels telah resmi menjadi bagian dari proyek Django dibawah program terbaru Django Software Foundation. Channels adalah sebagai usaha nyata untuk membawa websocket, long-pool HTTP, dan protokol respon non-request lainnya yang dapat meningkatkan performa logika bisnis di Django. Usaha ini terus diupayakan agar Django menjadi web framework terbaik di tahun 2016.

Proyek resmi seperti Channels, tidak digabungkan kedalam repositori utama Django tapi dipisahkan sebagai packages yang berada dibawah pengawasan Django Software Foundation di Github. Proyek - proyek resmi ini memiliki jadwal rilis dan kebijakan backward compatibility sendiri. Tentu saja berada di didalam koridor keaman Django dan dijamin dapat bekerja di bawah versi Django yang didukung saat ini.

Channels ditargetkan di Django 1.10. Keputusan ini diambil untuk membuat proyek tersebut dibawah pengawasan payung organisasi Django dengan merujuk ke DEP 7 yang akan mengawasi proyek ini. Ketentuan tersebut akan menjamin suatu package Django dapat memberikan pembaharuan yang up-to-date, memiliki tambal keamanan yang baik, dan dapat berjalan dengan rilis Django saat ini.

Kepastian Channels akan tergabung dalam repositori inti atau tidak masih belum diputuskan, tapi di versi 1.0, Anda akan melihat Channels apakah tergabung ke dalam versi stabil atau tidak, tentu saja dengan menjaga backward compatibility.

Selain Channels, ada beberapa proyek lain seperti Daphne, asgiref, asgi_redis, dan asgi_ipc. Saat ini tim pengembang Django masih berupaya keras untuk menghalau bug, mengimplementasikan fitur, dan meningkatkan dokumentasi di sisi Django dan Channels itu sendiri agar orang lain dapat mengenal dan mencoba Channels.

(rfs/djangoproject)