Mau Jadi Web Programming ? Belajar React js yuk!

sheli 30 Januari 2024

Mau Jadi Web Programming ? Belajar React js yuk!

Hai Coders apa kabar? semoga sehat selalu ya. Pada bahasan kali ini kita akan coba ulas profesi web programming dan belajar react js lebih dalam. Apa itu react js? Jadi fungsi react js adalah sebuah tumpukan kode program JavaScript yang berguna untuk membangun tampilan user interface pada situs web.

React js merupakan library javascript yang di kembangkan oleh facebook. Bagi pengembang web tentu saja pasti sudah familiar dengan konsep-konsep komponen seperti JSX dan Virtual DOM. Komponen react js ini merupakan pilihan populer bagi seorang web developer untuk membangun sebuah website yang modern.

Nah jika kamu penasaran untuk belajar library react js maka simak ulasan ini sampai akhir ya.

Pengenalan React Js

Seperti yang sudah di senggol sebelumnya bahwa react js ialah sekumpulan library atau tumpukan kode program. Kode program ini umumnya menggunakan kode javascript dan di gunakan oleh web developer untuk membangun tampilan user interface.

React js di rilis pada tahun 2013 dan masih banyak di gunakan oleh developer untuk mengembangkan aplikasi berbasis web. Mungkin sebagian pelajar yang bergelut di bidang IT sudah kenal dengan library react js. React js adalah salah satu library populer yang banyak di manfaatkan oleh developer untuk mengembangkan web dinamis.

Baca Juga : Mau Jadi Web Developer? Belajar Ini Dulu Yuk

Fitur-fitur React Js

Bagi kamu yang ingin belajar library react js penting sekali untuk mengenali fitur-fiturnya. Berikut ini fitur react js yang wajib kamu ketahui di antaranya yaitu:

Komponen

Fitur utama React Js adalah komponen yaitu tools yang memungkinkan seorang developer bisa membentuk tampilan user interface secara terpisah namun tetap bisa di kelola dengan baik.

Developer bisa memanfaatkan fitur komponen untuk membagi tampilan aplikasi pada menjadi bagian-bagian kecil dan masing-masing bagian tercecil tersebut memiliki fungsionalitas sendiri.

JavaScript XML (JSX)

Kemudian fitur utama react js selanjutnya yaitu JavaScript XML adalah extention code program dalam JavaScript. Fungsi JSX adalah untuk memungkinkan seorang developer dapat menulis baris code nyaris seperti code XML atau HTML.

Karakteristik JSX yaitu memungkinkan menyisipkan perintah javascript pada perintah kurung kurawal "{}". Ini memungkinkan developer bisa menggunakan variabel dan perintah javascript di dalam kode JSL.

Baca Juga: Belajar Cepat React Js Komponen dan Jenisnya Disini!

Virtual DOM

Kemudian react js adalah library yang juga menyediakan firtual DOM atau kepanjangan dari Document Object Model. Fitur ini merupakan struktur dokumen website yang bisa di manipulasi dan kelola menggunakan kode javascript.

Secara garis besar firtual DOM adalah interface program yang bisa memungkinkan seorang developer melakukan perubahan tampilan dan struktur konten dalam halaman website.

Fungsi firtual DOM adalah untuk membantu seorang developer dalam pembaharuan struktur halaman web. Contohnya yaitu untuk update, delete, dan modifikasi struktur kode HTML dalam situs website.

State

React js adalah library yang menyediakan fitur state untuk menyimpan data lokal di dalam suatu komponen. Fitur state akan menyimpan dan merespon update data apapun. Fitur utama yang juga berkaitan dengan state react js yaitu misalnya inisialisasi state.

Uni Directional Data Flow

Uni Directional Data Flow adalah aliran data searah dan hanya akan melakukan perpindahan jalur ketika transfer data yang berbeda. Data tersebut akan mengalir dari titik 1 ke titik lainnya tanpa menggunakan arus balik.

Itu dia beberapa fitur react js yang perlu kamu pahami, jika kamu ingin belajar react js lebih detail bisa kepo di sini ya.

Pada intinya secara sederhana, react js adalah library javascript yang bisa di gunakan oleh developer untuk mengembangkan aplikasi berbasis web secara fleksibel, efisien, dan praktis.

Setelah pelajari seputar react js kalian mau bahas seputar apalagi nih coders? jika kamu suka dengan pembahasan ini jangan lupa share ya. Semoga ulasannya bermanfaat dan see you.