Mengenal Tiga Serangkai Pendiri MongoDB

Ridwan Fajar 4 Mei 2016

Mengenal Tiga Serangkai Pendiri MongoDB

MongoDB sebagai salah satu database NoSQL terpopuler hingga saat ini, tidak lepas dari pendirinya yang berjuang untuk membuat MongoDB menjadi lebih dikenal dan mudah digunakan. MongoDB merupakan salah satu database NoSQL dengan basis dokumen. MongoDB pun menggunakan Javascript untuk melakukan operasi seperti CRUD, agregasi, indexing, dan operasi database lainnya. MongoDB pun kini tidak hanya digunakan oleh pihak perusahaan secara mandiri, banyak penyedia cloud service yang menyediakan MongoDB seperti Heroku, Azure, BlueMix, dan lainnya.

MongoDB didirikan oleh tiga serangkai yang terdiri dari Kevin Ryan, Eliot Horowitz, dan Dwight Meriman. Ketiganya tergabung di MongoDB Inc. dan berperan pada jabatannya masing - masing. Kevin menjabat board member, Dwight Merriman menjabat sebagai chairman, dan Eliot menjabat sebagai CTO di MongoDB Inc.

Kevin Ryan

[caption id="attachment_9531" align="aligncenter" width="350"]Pendiri MongoDB dan MongoDB Inc., Kevin Ryan Pendiri MongoDB dan MongoDB Inc., Kevin Ryan[/caption]

Kevin Ryan adalah seorang lulusan sarjana ekonomi (1981 - 1985) dari Yale University dan magister administrasi bisnis (1990) dari INSEAD. Bersama dengan Dwight dia mendirikan DoubleClick kemudian menjadi CEO, tidak hanya itu, sebagai rekan membangun bisnisnya, Dwight mendirikan sebuah perusahaan bernama MongoDB Inc., dimana dia menyediakan solusi enterprise untuk pengguna MongoDB. Saat ini Kevin menjadi Founder & Chairman di beberapa anak perusahaan Alley Corp yaitu di Gilt Groupe, MongoDB Inc., Zola.com, dan Kontor.

Baca juga Michael Widenius: Sang Pelopor MariaDB

Dwight Merriman

[caption id="attachment_9532" align="aligncenter" width="350"]Pendiri MongoDB dan MongoDB Inc., Dwight Merriman Pendiri MongoDB dan MongoDB Inc., Dwight Merriman[/caption]

Dwight Merriman adalah salah satu pencipta MongoDB. Pada tahun 1995 dia membangun dan menjadi CTO di sebuah perusahaan yang bernama DoubleClick, sampai akhirnya diakusisi Google sebesar $3,1 Milyar. Dwight merupakan arsitek dibalik mesin bernama DART yang mengelola iklan hingga 10 milyar per hari. Dwight juga merupakan pendiri dan investor di Business Insider dan Gilt Groupe bersama Kevin Ryan dalam jaringan AlleyCorp. Walaupun Dwight memiliki kewajiban bisnis dengan MongoDB Inc., dia masih menulis kode program untuk MongoDB. Dwight merupakan seorang lulusan sarjana komputer (1986 - 1989) dari Miami University.

Eliot Horowitz

[caption id="attachment_9533" align="aligncenter" width="350"]Pendiri MongoDB dan MongoDB Inc., Eliot Horowitz Pendiri MongoDB dan MongoDB Inc., Eliot Horowitz[/caption]

Eliot Horowitz adalah salah satu kontributor di MongoDB Kernel. Dia juga merupakan pendiri dan CTO dari ShopWiki. Eliot mengembangkan algoritma untuk crawling dan data extraction yang membuatnya menjadi inovasi teknologi cemerlang. Eliot juga merupakan 25 pengusaha teratas di bawah 25 tahun dari BusinessWeek pada tahun 2006. Eliot merupakan software developer di divisi research & development di DoubleClick. Eliot merupakan sarjana ilmu komputer (1999 - 2003) dari Brown University. Kini Eliot menjabat sebagai pendiri dan CTO dari MongoDB Inc.

(rfs/wikipedia/linkedin)