Mengusung Program Sertifikasi Node.js Baru, Node.js Foundation Bermitra dengan Linux Foundation

Ridwan Fajar 8 Februari 2017

Mengusung Program Sertifikasi Node.js Baru, Node.js Foundation Bermitra dengan Linux Foundation

Diumumkan pada tanggal 26 Januari 2017 di Node.js News, Node.js Foundation ingin menghadirkan sertifikasi yang bersifat vendor neutral. Visinya tersebut ingin membuat sebuah capaian untuk membidik para developer untuk menguasai kompentensi dasar di Node.js.

Saat ini Node.js menjadi salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer dengan pengguna aktif sekitar 4.5 juta per bulan. Seiring dengan menaiknya jumlah pengguna enterprise saat ini, organisasi seringkali menggunakan Node.js dengan melatih kembali developer yang berlatar belakang Java atau memilih talent baru.

Kehadiran program sertifikasi ini digunakan untuk membantu enterprise mencari Node.js developer yang terkualifikasi untuk membuat diferensiasi produk mereka. Oleh karena itu Node.js Foundation bekerja sama dengan Linux Foundation untuk membuat blueprint program sertifikasi ini. Dengan alasan merupakan tempat netral untuk membuat program ini dan sangat dekat dengan komunitas open source.

Baca juga: Berbagai Sertifikasi IT yang Harus Diketahui

Tidak hanya kursus seputar Node.js, dalam program ini akan terdapat sejumlah bahasan lain seperti "Intro to Linux, Intro to DevOps, Developing Application for Linux, dan Kubernetes Fundamental, serta yang lainnya".

Saat ini Node.js Foundation bekerjasama dengan komunitas untuk membuat pertanyaan yang spesifik yang akan diajukan pada ujian. Bila kamu tertarik untuk berkontribusi pada program ini, kamu dapat mengisinya di tautan berikut https://goo.gl/A7iurT. Bahan ujian akan diumumkan ke publik.

(rfs/nodejs)