Node.js v4.0.0 (Stable) Sudah Rilis!

Ridwan Fajar 20 September 2015

Node.js v4.0.0 (Stable) Sudah Rilis!

Pada tanggal 8 September 2015 lalu, Node.js Foundation mengumumkan rilisnya v4.0.0 kepada seluruh insan pengguna Node.js. Rilis ini merupakan sebuah perwujudan dari kerja keras dalam penggabungan Node.js dengan IO.js yang sekarang sudah tergabung dalam codebase tunggal. Proyek Node.js kini sudah dioperasikan oleh tim yang terdiri dari 44 kolaborator, dan 15 sebagai technical steering committee. Dan lebih dari 100 orang sudah ditambahkan ke dalam daftar kontributor ke kode inti sejak v0.12.7. Node.js 4.0.0 berisi V8 v4.5, versi yahng sama dengan V8 yang digunakan web browser Chrome saat ini. Hal ini memberikan sejumlah bonus untuk pengguna Node.js, terlebih fitur ES6 sudah dapat digunakan seperti block scoping, class, typed array, generator, promises, symbols, template strings, collection (map, set, etc), dan arrow function*.

Selama lebih dari satu tahun ke belakang, Node.js pun berterima kasih atas donasi yang diberikan oleh Rackspace, Digital Ocean, Scaleway, MiniNodes, Voxer, Joyent, CloudFlare, ARM Holdings, dan individu dari komunitas. Node.js telah membangun sebuah test cluster yang dibangun bersama Linux Variants, OSX, Windows, FreeBSD, dan SmartOS. Hal baru juga terdapat di Node.js, pertama kalinya Node.js mendukung prosesor ARM. Kedepannya Node.js akan mendukung ARMv6, ARMv7 dan ARMv8. Dengan demikian Node.js secara resmi sudah siap digunakan untuk pecinta hobi dan penggunan server berbasis ARM.

Node.js v4 juga hadir dengan rencana untuk long term support (LTS) dan regular release cycle. Release versioning sekarang mengikuti SemVer, Node.js akan memperbaiki versi minor dan patch kemudian menambahkan fitur dan memperbaiki bug juga. Versi 4.x ini tidak akan pernah dilakukan penambahan yang dapat merusak keseluruhan kode. Node.js Foundation juga sudah memetakan langkah awal untuk menuju versi LTS yang akan hadir di bulan Oktober 2015 mendatang. Dalam waktu yang sama, seri 5.x akan diciptakan. Versi 4.x akan rilis dalam waktu 18 bulan di LTS, dengan fokus pada stablitias dan keamanan, dan mengurangi tambahan yang tidak perlu. Selain itu rilis LTS juga akan mengakomodasi perhatian lebih terhadap critical bugs dan perbaikan keamanan.

Untuk melaporkan bug dan melihat daftar perubahan pada Node.js terbaru, dapat Anda akses di repositori Github Node.js. Anda juga dapat ebrgabung disana bersama kolaborator lain yang turut serta mengembangkan Node.js

(rfs/nodejs)