Sampai Jumpa Node.js v5, Selamat Datang v7

Ridwan Fajar 16 Oktober 2016

Sampai Jumpa Node.js v5, Selamat Datang v7

Diberitakan oleh Rod Vagg pada tanggal 6 September 2016 di Node.js News, Node.js Foundation resmi mengalihkan fokusnya untuk v7 di akhir juni kemarin. Artinya tidak akan ada lagi tambalan atau perbaikan untuk v5. Bagi yang sudah menggunakan Node.js sejak lama, mungkin keputusan ini terlihat aneh. Kenapa versi mayor tidak bertahan selama bertahun - tahun?

Tahun lalu, tim inti memfasilitasi LTS dan rencana rilis untuk memenuhi berbagai keinginan dari pengguna Node.js yang berada di seputar stabilitas dan kemajuan. Diversi IO.js cukup berguna untuk beberapa alasan. Node.js Foundation belajar bagaiman pentingnya trade-off antara stabilitas dan iterasi yang cepat pada platform yang dikembangkan. Beberapa hal tidak dapat dikelola dengan baik bahkan kebanyakan terabaikan. Memecah seluruh ekosistem add-on C++ setiap waktu saat meng-upgrade V8 akan berubah menjadi pekerjaan yang sulit untuk paket - paket Node.js. Hal ini diakbiatkan dengan perbedaan jauh saat proses kompilasi di userland Node.js dan kesulitan mengelola stabilitas API dan ABI ketika upgrade ke V8.

[caption id="attachment_12911" align="aligncenter" width="700"]Timeline rilis Node.js (courtesy: Node.js News) Timeline rilis Node.js (courtesy: Node.js News)[/caption]

Di lain pihak, sudah jelas v0.10 berjalan terlalu jauh dan lambat dalam merilis proyeknya yang malah merusak reputasi platform ini sebagai proyek yang inovatif dan modern diakibatkan oleh perbaikan dan penambahan fitur yang tidak tepat. Hal tersebutlah yang membuat IO.js hadir di perahu yang berbeda.

Peristiwa dan pengalaman ini membuat Node.js Foundation berada di posisi untuk mencoba dan merancang perencanaan yang dapat menggabungkan stabilitas dan progres.

Akhirnya setiap 6 bulan, Node.js Foundation merilis versi mayor baru Node.js. Versi mayor ini akan dirilis setelah 6 bulan sejak dikembangkan untuk mencegah kerusakan di master branch. Rilis seperti ini telah dihasilkan sejak April dan Oktober setiap tahunnya. Versi genap akan muncul di bulan April, dan versi ganjil akan muncul di bulan Oktober.

Setiap versi mayor Node.js memiliki masa aktif selama 6 bulan dan berada dalam status current. Selama periode ini, Node.js Foundation bekerja penh pada codebase Node.js yang sedang aktif dan sedikit mengerjakan beberapa hal untuk rilis mayor berikutnya. Node.js v5 dirilis pada Oktober 2015 dan berakhir pada April 2016. Karena v5 adalah versi ganjil, maka tidak seperti versi genap yang memiliki jangka perbaikan lebih lama yaitu sekitar 30 bulan dimulai dari v4, dan begitupun dengan v6.

Dengan rencana yang sudah dijelaskan sebelumnya, hal tersebut terjadi pada v5. Saat ini berada di status current selama 6 bulan dari Oktober 2015 hingga April 2016 dan berada di fase maintenance khusus selama dua bulan hingga Juni 2016. Setelah Juni berakhir, dukungan untuk versi 5 akan habis walaupun repositori untuk branch ini masih bisa diakses.

(rfs/nodejs)