10 Tips & Trik Penggunaan Shortcut Vscode, Pelajari Yuk!

Prasatya 7 Februari 2024

10 Tips & Trik Penggunaan Shortcut Vscode, Pelajari Yuk!

Shortcut vscode kini banyak di manfaatkan oleh pengembang apps baik mobile ataupun untuk situs web. Lantas, apakah kamu sudah kenal apa itu shortcut vscode? jika belum aku sedikit kasih gambaran ya. Shortcut adalah jalan pintas untuk memudahkan dalam mengakses suatu aplikasi tertentu agar lebih fleksibel. Nah dalam bahasan ini kita juga akan ulas tips penggunaan shortcut vscode agar developer bisa dengan efisien menulis syntack.

Pengenalan Visual Studio Code

Visual Studio Code adalah editor kode terkemuka yang telah banyak diadopsi oleh pengembang perangkat lunak di seluruh dunia. Visual studio code di kembangkan oleh Microsoft, IDE untuk mendukung coding lintas platform di Linux, Mac, dan Windows.

Mungkin sebagian dari kamu ada yang pernah coba sublime text? Jika iya maka sebetulnya visual studio code juga merupakan aplikasi serupa. Hanya saja visual studio code dikembangkan untuk editor atau developer lebih efisien dan terstruktur secara tumpukan file nya sehingga memudahkan pengguna.

Nah kamu sudah tau belum nih coders, jika ada tips dan trik untuk para developer agar lebih efisien dalam penggunaan shortcut visual studio code. Penasaran? yuk langsung aja mari simak ulasan artikel ini sampai habis!

Shortcut Visual Studio Code

Okedeh langsung aja kali ini kita akan bahas tips penggunaan shortcut vscode agar lebih efisien. Berikut ini 10 Tips teratas untuk kamu seorang developer agar lebih praktis dalam menulis baris code.

Baca Juga: 15 VS Code Extention Frontend Developer agar ngoding lebih Praktis

1. Markdown Editor (Pratinjau Markdown)

Markdown editor adalah software aplikasi free dibuat untuk menulis text sederhana. Nah tetapi dalam VS Code, jika kamu memanfaatkan software ini untuk menulis code namun bisa juga untuk pratinjau file.

Cara menggunakan markdown mudah, kamu bisa buka jendela pratinjau Markdown dengan mengetik [Ctrl + Shift + V]. Namun jika kamu menggunakan sistem operasi Mac maka bisa dengan mengetik perintah [Command + Shift V], simpel kan.

2. Split Editor

Tips penggunaan shortcut vscode selanjutnya yaitu split editor. Apa itu split editor? jadi ketika kamu menulis code dalam vccode kamu bisa memisahkan editor nya ke dalam beberapa file pada satu layar. Ya seperti yang kita ketahui bahwa dalam menulis baris code kita perlu meluhat dokumentasi atau referance dari situs lain. Sehingga dengan menggunakan split editor kamu bisa memecah layar menjadi dua bagian.

Tips Ini sangat berguna untuk developer ketika membandingkan dua file yang berbeda atau ketika ingin merujuk file sambil membuat perubahan pada file lain. Shortcut simpel untuk split editor agar membagi file dalam satu layar mudah banget. Cara split layar kamu bisa tekan [Tekan Ctrl + ]. Jika Kamu menggunakan Mac, maka bisa dengan mengetik [Command + ]. Apakah kamu adalah penulis code yang suka dengan penggunaan split editor ini ketika menyusun coding? jika iya artinya kita sama hehehe.

3. Search File (Cari Berkas)

Penggunaan VS Code memungkinkan Kamu lebih mudah mencari file-file dalam direktori lain. Umumnya ketika ingin melakukan cek code atau ingin menambahkan baris code pada baris code kamu bingung dimana ya letak baris nya. Nah kamu bisa Ketik [Ctrl + F] untuk mencari dalam file saat ini dan [Ctrl + Shift + F] untuk mencari dalam semua file. Jika kamu menggunakan Mac, maka bisa dengan mengetik [Command + F] dan untuk mencari semua file [Command + Shift + F].

4. Multiple Cursor (Kursor Multipel)

Shortcut vscode lainnya yaitu ada Kursor Multipel memungkinkan Kamu melakukan pengeditan di beberapa baris secara serentak. Kursor multiple Ini sangat berguna dalam situasi ketika Kamu perlu melakukan perubahan serupa di beberapa baris. Untuk membuat kursor multipel mudah sekali yaitu ketik [Ctrl + Alt + Atas / Bawah (tombol keyboard)]. Jika kamu menggunakan Mac, maka bisa dengan mengetik [Command + Option + ↓ / ↑].

5. Command Pallete (Palette Perintah)

Shortcut visual studio code selanjutnya ada Command Pallete atau Palette Perintah, yaitu tempat utama untuk menemukan semua fungsionalitas dan pintasan yang Kamu miliki di VS Code. Ini memberi akan akses ke semua operasi yang Kamu butuhkan untuk bekerja secara produktif. Untuk membuka Palette Perintah, ketikan saja pada keyboard [Ctrl + Shift + P]. Jika kamu menggunakan Mac, maka bisa dengan mengetik [Command + Shift + P].

6. Copy line Up/Down (Salin Baris Atas/Bawah)

Perintah shortcut vscode copy line up atau copy line up down merupakan perintah untuk memungkinkan Kamu menyalin baris ke atas atau ke bawah di VS Code. Bagaimana cara copy line up atau copy line down pada visual studio code? jika mau coba caranya mudah banget. Pergi ke baris yang ingin disalin dan ketik [Shift + Alt + Atas/Bawah (tombol keyboard)] untuk membuat salinan dari baris saat ini ke atas atau ke bawah dari baris saat ini. Jika kamu menggunakan Mac, maka bisa dengan mengetik [ Option + Shift + ↓ / ↑].

Baca Juga: Markdown Editor Terbaik untuk Linux

7. Toggle Sidebar (Alihkan Sidebar)

Nah kemudian Shortcut vscode yang bisa kamu coba yaitu Sidebar. Sidebar adalah area yang berada di kanan atau atau kiri konten utama dan terpenting dari antarmuka pengguna. Ini menjadi rumah bagi banyak fitur seperti Struktur Berkas, Pencarian, Marketplace Ekstensi, dan lainnya.

Namun, ini juga bisa menjadi gangguan saat kamu sedang ngoding dan juga akan mengambil sebagian layar coding Kamu. Dalam kasus seperti itu, kamu dapat dengan mudah menukar sidebar dengan menekan [Ctrl + B]. Jika kamu menggunakan Mac, maka bisa dengan mengetik [Command + B].

8. Select Current Line (Pilih Baris Saat Ini)

Sering kali, Kamu perlu memilih dan menyalin satu baris secara keseluruhan untuk menempelkannya di tempat lain dalam proyek baik dalam file saat ini atau file lain. Membuat salinan baris saat ini tepat di atas atau di bawah lebih mudah, kamu hanya perlu mengetik shortcut vscode seperti [Shift + Alt + Atas/Bawah].

Tetapi bagaimana jika lokasi tempat kamu ingin menempelkan baris saat ini bukan lokasi yang berdektan? Dalam kasus seperti itu, ketik [Ctrl + L] untuk memilih baris dan menyalinnya ke mana pun Kamu inginkan. Jika kamu menggunakan Mac, maka bisa dengan mengetik [Command + L]

9. Rename Component (Ganti Nama Komponen)

Jika kamu memiliki proyek besar dan komponennya sudah matang, mengubah nama komponen bisa sangat sulit sekarang. Karena kamu juga harus memperbarui nama di tempat-tempat di mana itu dirujuk.

Ganti Nama Komponen adalah fitur yang sangat kuat dari VS Code yang membantu Kamu di sini. Pindahkan kursor Kamu ke tempat Kamu telah mendeklarasikan komponen Kamu dan ketik F2. Sekarang VS Code akan mengubah nama komponen dan juga memperbarui referensi berikutnya untuk mencerminkan nama yang diperbarui.

10. Toggle Terminal

Nah shortcut vscode terakhir yaitu toggle terminal. Ketika Kamu bekerja pada proyek pengembangan, banyak kali Kamu memiliki beberapa terminal aktif, satu untuk menjalankan server pengembangan. Yang lainnya untuk menginstal dependensi dan sebagainya.

Namun, Terminal mengambil ruang di layar dan Kamu tidak ingin itu muncul di layar saat Kamu coding. Dalam situasi seperti ini, Kamu dapat menonaktifkan terminal dengan mengetik **[Ctrl + Backtick]. Jika kamu menggunakan Mac, maka bisa dengan mengetik [Command + Backtick]

Itulah top 10 shortcut VSCode yang kami rekomendasikan untuk menunjang produktivitas dan efisiensimu dalam pemrograman, semoga bermanfaat!

Referensi: (https://www.wearedevelopers.com/magazine/vs-code-shortcuts)