Yuk Caritahu Gaji Full Stack Developer di Bandung

sheli 23 Januari 2024

Yuk Caritahu Gaji Full Stack Developer di Bandung

HaiDers siapa nih yang mau jadi full stack developer? jika kamu tertarik yuk caritahu sekarang. Profesi full stack developer sangat populer di kalangan pengembang web developer lho. Karena tugas full stack developer ini sangat kompleks, mereka memiliki skills yang menunjang sehingga tidak heran jika gajinya juga menggiurkan.

Pengembang Web

Seorang pengembang web berprofesi cukup krusial terutama di dunia digital. Pengembang web developer harus memiliki potensi skills yang menunjang terutama pemahaman terkait bahasa pemrograman. Skills web developer yang harus di miliki mulai dari bahasa dasar hingga bahasa pemrograman tingkat atas.

Bahasa dasar yang bisa kamu pelajari ketika hendak menjadi web developer yaitu HTML, CSS dan JavaScript. Sedangkan bahasa pemrograman lanjutan yang bisa juga kamu geluti yaitu seperti bahsa PHP, Python, Ruby dan masih banyak lainnya.

Pengembang web khususnya seorang full stack developer bertanggung jawab atas semua aspek proyek web yang sedang di bangun. Apabila ada kendala dan problem maka profesi ini harus sigap dan cerdik dalam mengatasi problem tersebut.

Tugas dan Tanggung Jawab

Secara garis besar seorang full stack developer bertugas dalam dua sisi sekaligus yaitu pada tampilan front-end dan fungsi back-end. Profesi ini bertanggung jawab atas keduanya agar web dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.

Baca Juga : Apa Itu Full Stack Developer? Pelajari Tugasnya Disini!

Besaran Gaji

Sebagai full stack developer pasti ingin menggali lebih dalam mengenai profit yang bisa kamu dapatkan pada bidang ini. Tujuannya agar menjadi bahan referensi ketika melamar pekerjaan.

Perlu diketahui bahwa gaji full stack developer sendiri bervariatif bergantung pada beberapa aspek pendukung. Misalnya pada kompetensi keahlian, wilayah, tingkat pendidikan dan kebijakan industri kamu bekerja.

Berikut gaji full stack developer di Bandung sesuai dengan tingkat keahlian:

  1. Gaji Junior Sebagai fresh graduate yang masih belum memiliki banyak skills dan pengalaman. Gaji junior pengembang web dalam hitungan bulan berkisar 8 - 15 juta.

  2. Gaji Middle-level Berbeda dengan fresh graduate, bahwa tingkat profesi ini memiliki angka yang lebih tinggi. Gaji mereka sebagai profesi middle-level mulai dari 15 - 25 juta per bulan.

  3. Gaji Senior Berdasarkan tingkat pengalaman dan skills yang lebih mempuni, tentunya gaji senior pada profesi ini jauh lebih tinggi. Hal ini biasanya di sebabkan karena mereka sudah di angkap kompeten di bidang tersebut.

Sebagai senior full stack developer mereka bisa mendapatkan tawaran gaji mencapai 25 juta per bulan.

Baca Juga : Berapa Gaji Full Stack Developer di Jepang? Caritahu Yuk!

Seperti yang sudah di senggol sebelumnya, bahwa gaji seseorang dapat di bedakan oleh beberapa faktor. Angka tersebut juga bersifat perkiraan dan selalu ada update seiring dengan perkembangan teknologi. Ingin belajar menjadi profesional web developer? jika iya caritahu disini ya.