Mengejutkan! Gaji Cyber Security di Indonesia

sheli 19 Desember 2023

Mengejutkan! Gaji Cyber Security di Indonesia

Mengejutkan! Gaji Cyber Security di Indonesia - Hai Coders! Jika pada pembahasan sebelumnya kita membahas cyber hack yang meresahkan jagat maya, kali ini kita akan mengulik seorang praktisi cyber yang berperan penting dalam keamanan sebuah data yaitu Cyber Security.

Apa Itu Cyber Security

Cyber security ialah praktik dalam mengamankan sebuah sistem komputer ataupun jaringan agar terhindar dari segala bentuk kejahatan ciber. Mengapa perlu di amankan? karena, jutaan data di seluruh dunia yang bersifat pribadi ataupun penting bisa disalah gunakan dalam bentuk penipuan ataupun lainnya.

Nah coders, Seorang cyber security ini memiliki tanggung jawab yang cukup besar ya. Kalian bisa tebak berapa Gaji cyber security di Indonesia? jika dibandingkan dengan gaji cyber security di luar negeri, kalian lebih tergiur yang mana? berikut cuplikannya.

A. Gaji Cyber Security di Indonesia

Karena perannya begitu penting, tentu saja gaji cyber security ini sangat menggiurkan. Gaji cyber security di Indonesia juga bervariasi, tergantung pada beberapa faktor mulai dari keahlian khusus ataupun kebijakan industri itu sendiri.

Image

Namun meskipun begitu, gaji cyber security masih amat menggiurkan, terlebih untuk jangka panjang. Ini dia isaran gaji cyber security yang harus kalian ketahui juga nih coders, siapatau kalian tertarik dan mau jadi praktisi cyber????

1. Security Engineer

Security engineer memiliki beberapa tingkat level dalam bidangnya. Mulai dari security engineer junior, security engineer intermediate, security engineer senior hingga security engineer lead atau sebagai manager.

Perkiraan kisaran gaji pertahun bisa mencapai Rp 123 juta s/d Rp 200 juta. Wow!

2. Chief Information Security Officer

Nah, untuk Gaji chief Information Security Officer (CISO) di Indonesia juga bervariasi ders..yaitu bisa mencapai Rp 690JT dalam pertahun.

Angka ini tergantung pada tingkat keahlian dan industri kalian bekerja. Misalnya untuk skala perusahaan menengah, multinasional atau dengan kriteria keahlian khusus.

3. Penetrasion Tester

Gaji penetrasi tester junior berkisar antara Rp 100Jt - Rp 200Jt. Sedangkan penetrasi tester intermediate berkisar pada Rp 200jt - Rp 400Jt dan untuk senior bisa mencapai Rp 400Jt - Rp 600Jt. Wow, angka yang cukup menggiurkan ya coders!

Kira-kira dengan nominal angka tersebut, dalam satu tahun kalian bisa beli apa? hehehe

4. Security Analyst

Kisaran Gaji security analyst di Indonesia bergantung pada beberapa faktor juga yaitu tingkat pengalaman, sertifikasi ciber dan lokasi perusahaan. Nah untuk kisaran gaji bisa mencapai Rp 600Jt pertahunnya.

5. Cyber Security Analyst

Menggiurkan! gaji cyber security analyst di Indonesia capai 800Jt pertahun, wow. Bisa beli rumah nih ders hihihi. Meskipun begitu, menjadi analyst cyber bukan pekerjaan yang simpel, tapi cukup menarik nih kalo dicoba.

B. Gaji Cyber Security di Luar Negeri

Nah coders, jika dilihat gaji cyber security di Indonesia cukup menggiurkan ya. Tapi apakah gaji cyber security di luar negeri lebih tinggi?

Seringkali gaji cyber security di Indonesia memang lebih rendah dibanding gaji di beberapa negara. Beberapa alasan mengapa gaji cyber security di luar negeri lebih tinggi jika dibandingkan dengan di Indonesia.

1. Minim ketersediaan tenaga ahli

Seperti yang kita ketahui, ternyata banyaknya permintaan dan request dengan tenaga ahli yang minim juga berpengaruh pada tingkat gaji cyber security di Indonesia. Tapi jika dilihat dengan beberapa faktor yaitu biaya hidup dan lainnya, Gaji cyber security di Indonesia sudah cukup menggiurkan bukan.

2. Kompleksitas pekerjaan

Nah, mengapa gaji cyber security di luar negeri lebih tinggi dibanding Indonesia. Faktor yang mempengaruhi satu diantaranya yaitu karna kompleksitas pekerjaan. Jadi sebetulnya sebanding dengan apa yang kalian kerjakan ya coders.

3. Pertimbangan biaya hidup

Terutama bagi cyber security yang tinggal di luar negeri, biaya hidup juga menjadi faktor utamanya. Namun bagi kamu yang bekerja by remote, hal ini tentu sangat menguntungkan karna tidak berpengaruh pada mahalnya biaya hidup di sana.

4. Nominal mata uang

Jika dibandingkan dengan mata uang Indonesia dan luar negeri. Tentu saja, mata uang di luar negeri cukup besar jika ditukarkan dengan mata uang Indonesia.

Baca juga : Cyber Security untuk Frontend dan Backend

Keuntungan menjadi Cyber Security

Coders! menjadi profesional cyber security adalah pilihan yang tepat. Karna banyak keuntungan yang bisa kamu dapat diantaranya:

  1. Tingginya permintaan profesi cyber security
  2. Gaji kompetitif
  3. Jenjang karir jelas
  4. Lokasi kerja yang fleksibel
  5. Memiliki peran penting dalam bisnis ataupun pemerintahan

Bagaimana coders? Menjadi cyber security itu sangat menantang ya. Tapi jika dengan gaji yang menggiurkan dan bagi kamu yang suka dengan tantangan, menjadi seorang profesional cyber security adalah pilihan tepat!

Jika kalian tertarik untuk menggeluti dunia cyber security, kalian bisa belajar otodidak atau lebih disarankan mengikuti kelas online agar dipandu oleh mentor yang berpengalaman dan mendapatkan sertifikasi. Semoga bermanfaat* Coders!*