Perbedaan Cybercrime dan Cyber Security Menurut Ahli

sheli 21 Desember 2023

Perbedaan Cybercrime dan Cyber Security Menurut Ahli

**Perbedaan Cybercrime dan Cyber Security Menurut Ahli - ** Hai Coders! istilah hacking kalo di dengar agar keren ya. Tapi kegiatan hacking ini sangat unfaedah dan merugikan. Pada bahasan kali ini, kita akan mengenali perbedaan cybercrime dan cyber security yang juga tidak asing di dunia hacking. Tanpa basa-basi, langsung aja kita bahas!

Apa Itu Cybercrime

dikutip dari kompas.com, karya Dsril Aldo dkk. Cybercrime adalah kejahatan yang ditimbulkan karena pemanfaatan teknologi internet.

Dapat disimpulkan bahwa kejahatan ini cybercrime adalah tindakan yang menyalahgunakan internet dan melawan hukum. Sehingga dapat merugikan banyak pihak, baik itu pelaku bisnis ataupun indvidu.

Cybercrime Menurut Para Ahli

Cybercrime menurut para ahli, berikut penjelasannya!

"Cybercrime penyalahgunaan ilmu komputer untuk merencanakan, menyelusup, menyebar hingga mencuri informasi atau sumber daya", 2003 : Kovacich & Halibozek.

Cybercrime adalah "kegiatan kriminal meliputi komputer dan jaringan elektronik dengan tujuan merancang, mempersiapkan, menyelusup, mencuri data hingga merusaknya", 2006 : Taylor, Caeti, Loper, Fritsch, & Liederbach.

"Cybercrime merupakan kejahatan cyber yang melibatkan pengguna internet (TIK) dengan tujuan mengganggu, merampas, dan merusak sebuah data", 2014 : Aldrich & Duffield.

Contoh Cybercrime

Berikut contoh cybercrime dalam kehidupan sehari-hari : "Sasa merupakan seorang pegawai bank yang seringkali memanfaatkan penggunaan email dalam activitas kesehariannya. Pada suatu ketika, sasa menerima email dari bank untuk segera memperbaharui informasi login dengan notifikasi akun akan diblokir apabila tidak memperbaharuinya",

"Pada peristiwa ini sasa tanpa berfikir panjang untuk segera memperbaharui informasi login akun tersebut. Namun sayang, email tersebut merupakan serangan phising dan merupakan situs palsu dimana pelaku memanfaatkan akses login tersebut untuk bisa melakukan transaksi pada rekening bank sasa",

Nah, itu dia contoh cybercrime yang seringkali terjadi di lingkungan kita. untuk itu berhati-hatilah dalam membuka situs website ya Coders!

Apa Itu Cyber Security

Dikutip dari situs Dicoding.com Cyber security berasal dari dua kata dalam bahasa inggris yaitu cyber artinya dunia maya, sedangkan security adalah keamanan.

Dapat disimpulkan bahwa cyber security adalah bentuk perlindungan terhadap pengguna internet ang terhubung pada jaringan internet. Mencakup hardware ataupun software yang kamu gunakan sehari-hari.

Cyber Security Menurut Para Ahli

Berikut istilah cyber security menurut para ahli :

"Cyber security adalah step by step yang di ambil untuk melindungi suatu system, jaringan dan program dari kerusakan, gangguan ataupun akses tanpa izin", Symatec.

"Kumpulan praktek, teknologi, proses dan kebijakan yang dibuat untuk melindungi hardware, software dan sebuat data dari akses tidak sah ataupun pencurian",Gartner.

Contoh Cyber Security

Berikut contoh cybercrime dalam kehidupan sehari-hari :

"Anisa adalah pegawai swasta yang menggunakan email untuk komunikasi dan sharing data pekerjaan. Besoknya, Anisa menerima email dimana meminta pemilik akun melakukan verifikasi karena terdapat akses mencurigakan",

"Dengan tergesa, anisa mengunjungi situs yang ada pada pesan email tersebut. Kemudian Anisa diarahkan pada situs web palsu menyerupai halaman login email dan Anisa memasukkan username serta password email",

Bahaya yang bisa terjadi ialah pelaku bisa mendapatkan akses kontak Anisa dan melakukan pesan spam berupa penipuan. Jika anda mengalami hal serupa, segera ubah username dan password serta beritahu teman kontak kalian.

Perbedaan Cybercrime dan Cyber Security

Cybercrime

Cybercrime adalah kejahatan ciber yang mengarah pada aktivitas ilegal yang digunakan oleh hacker dalam memanfaatkan teknologi informasi dan jaringan komputer. Contoh : Pencurian data, penipuan online dan penyebaran malware.

Cyber Security

Cyber Security adalah keamanan ciber dimana meliputi langkah dan teknologi dalam implementasi perlindungan sistem komputer, jaringan atau sebuah data agar terhindar dari ancaman siber dan akses tidak sah.

Kesimpulan

Pada dasarnya secara keseluruhan, cyber security berfungsi sebagai benteng pertahanan untuk menghindari resiko yang bisa ditimbulkan oleh cybercrime. Semoga bermanfaat!