Sejarah Algoritma, Berasal dari Tokoh Arab Terkenal?

sheli 27 Desember 2023

Sejarah Algoritma, Berasal dari Tokoh Arab Terkenal?

Sejarah Algoritma, Berasal dari Tokoh Arab Terkenal? - Hai Coders, apa kabar? kali ini aku akan bahas sejarah algoritma yang banyak dibahas dan dipelajari terutama oleh pelajar dan mahasiswa dibidang komputer dan jaringan. Sudah tau belum, Sejarah algoritma sendiri ternyata berasal dari tokoh arab terkenal lho, langsung aja mari kita bahas!

Sejarah Algoritma

Beberapa tahun silam, orang barat seringkali meng-eja kata Al-khawarizmi jadi algorism. Seiring waktu bergulir terjadi perubahan kata menjadi algorism. Perubahan ini dikarenakan kata algorism sering tertukar dengan kata aritmatic dimana kata akhiran "sm" tertukar menjadi "thm" atau menjadi algorithm. Kemudian lambat tahun perhitungan menggunakan bahasa arab sudah menjadi metode perhitungan umum, maka kata algorithm menjadi kehilangan makna aslinya dan di Indonesia kata algorithm menjadi familiar dengan kata kata algoritma.

Baca juga : Algorithm dengan bahasa python dan bahasa R?

Pengertian Algoritma

Algoritma adalah urutan langkah-langkah logic suatu pemecahan masalah untuk bisa mencapai tujuan tertentu. Dalam sejarah algoritma, langkah-langkah tersebut bisa dilihat dan diterapkan pada kegiatan sehari-hari. Contoh :

Algoritma memasak indomie telor

  1. Siapkan bahan-bahan (indomie air dan telur)
  2. Siapkan peralatan masak di dapur
  3. Nyalakan api sedang dan rebus air hingga mendidih
  4. Masukkan indomie dan telur
  5. Jika sudah matang, tiriskan dan letakkan di mangkuk
  6. Masukkan bumbu dan aduk hingga merata
  7. Indomie telor siap di sajikan

Tokoh dibalik Sejarah Algoritma

Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Al Khwarizmi, merupakan tokoh arab ternama berasal dari Kufah Irak yang memiliki keahlian dibidang matematika, astronomi, astrologi, dan geografi. Beliau lahir sekitar tahun 780 di khwarezmia dan wafat sekitar tahun 850 di baddad.

Penasaran dengan sejarah algoritma dan Pembahasan Algoritma dan Dasar-dasar Pemrograman yang lebih kompleks? Belajar di kelas Algoritma & Pemrograman Dasar klik disini!