0

0

0

share


#Info#webdevelopment#belajarwebdevelopment

Reactions0 Reactions

0 Komentar

Web Development Roadmap, Belajar Pemrograman Pemula

Profile

sheli17 Januari 2024

Web Development Roadmap, Belajar Pemrograman Pemula

Web development adalah mekanisme dalam perancangan dan pemeliharaan suatu halaman website. Tugas web development yaitu meliputi web coding, pengujian, optimalisasi kinerja website, hingga memanage database. Ingin belajar dan caritahu berapa gaji web development? yuk kita bahas disini!

Pengenalan Web Development

Profesi ini memiliki tugas utama untuk menulis program dalam suatu pengembangan website. Apa yang di pelajari web development untuk bisa membangun situs website? yaitu pelajari bahasa pemrograman dasar.

  1. Bahasa pemrograman HTML
  2. Belajar CSS
  3. dan Pemahaman seputar JavaScript

Profesi ini lebih banyak bekerja di belakang layar dengan tujuan untuk meningkatkan user interface.

Tugas dan Tanggung Jawab

Mereka cenderung memiliki tugas dibalik layar dengan tanggung jawab UI dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. Beberapa tugas profesi ini diantaranya yaitu:

  1. Eksekusi kode program dari sisi server pada halaman web
  2. Membuat kode program dari sisi client
  3. Hingga melakukan konfigurasi keamanan server dan jaringan

Baca Juga : Apa Itu Full Stack Developer? Pelajari Tugasnya Disini!

Macam-macam Profesi Web Development

Berikut macam profesi sejenis yang perlu kamu ketahui nih coders.

Frontend Development

Frontend development bertugas penuh pada tampilan utama halaman website. Mereka harus memiliki kemampuan HTML, CSS, dan JavaScript untuk membangun desain website yang menarik dan responsif.

Backend Development

Backend development akan fokus pada tampilan belakang situs web. Mereka harus memiliki skills kemampuan bahasa pemrograman seperti PHP, Python, Ruby, hingga NodeJs.

Fullstack Development

Nah untuk profesi full stack development kamu harus memiliki dua skills sekaligus. Mereka akan bertanggung jawab atas bagian frontend dan backend hingga aplikasi dapat berjalan sesuai fungsinya.

Berapa Gaji Seorang Web Development

Dikutip dari tulisan Glassdoor, bahwa gaji yang di tawarkan pada profesi ini mulai dari Rp 7.000.00 tiap bulan. Sedangkan menurut Salary Explorer menuliskan besaran gaji profesi ini terendah senilai Rp 5.000.000 per bulan hingga gaji tertinggi mencapai Rp 17.800.000 tiap bulan.

Baca Juga : Yuk Caritahu Gaji Full Stack Developer di Amerika

Web Development Roadmap

Pelajari materi dasar pemrograman mulai dari HTML, CSS, JavaScript hingga bahasa PHP, *Python *dan sebagainya. Kamu bisa mempelajari melalui situs online dengan tutorial seputar materi tersebut.

Jika kamu ingin menjadi pengembang web dan ingin fokus belajar dengan arah jelas. Saat ini kelas fullstack menjadi pilihan tepat untuk kamu belajar pemahama web programming.

Belajar di kelas fullstack CODEPOLITAN, cek disini untuk info promo dan alur belajarnya.