0

0

0

share


#Info#cyberhack#kejahatanciber

Reactions0 Reactions

0 Komentar

Cyber Hack: Waspada 5 Kejahatan Cyber!

Profile

sheli19 Desember 2023

Cyber Hack: Waspada 5 Kejahatan Cyber!

Hai Coders! - Apa kabar? semoga selalu sehat ya! Pada kesempatan kali ini, aku akan membahas semarak kejahatan ciber yang sedang ramai di jagat maya. Tanpa basa-basi, langsung aja mari kita bahas!

A. Apa Itu Cyber Hack?

Cyber hack yang juga familiar dikenal dengan istilah hacking atau kejahatan ciber adalah kegiatan dimana individu atau kelompok mengakses bahkan memanipulasi sistem komputer, jaringan atau perangkat elektronik secara ilegal atau tidak sah yaitu dengan tanpa izin.

Seorang cyber hack memiliki tujuan yang berfariasi dalam melakukan aksinya. Beberapa melakukan aksinya untuk mencuri informasi, mengubah data, bahkan merusaknya sehingga menyebabkan gangguan operasional untuk mencapai kepentingan tertentu.

Sudah dengar berita yang akhir-akhir ini sempat mengguncang dunia pemarintahan. Dimana situs KPU yang digegerkan telah diretas oleh hacker tidak bertanggung jawab. Jimbo, hacker yang meretas situs pemerintahan dan berhasil menjual 204 juta data rakyat Indonesia senilai Rp 1,2 Miliar. Bagaimana kelanjutannya?

B. Modus dan Jenis-jenis Cyber Hack

Cyber Hack atau kejahatan ciber melibatkan berbagai modus operandi yang terus berkembang seiring waktu. Beberapa modus kejahatan ciber yang umum meliputi:

1. Phishing

Image

Modus ini dilakukan melalui pesan elektronik atau melalui situs web palsu untuk meniru website resmi dari lembaga atau layanan aslinya. Pelaku akan mengirimkan email seolah berasal dari sumber yang terpercaya. Misalnya situs bank, e-commerce dan situs penting lainnya. Kemudian pelaku akan megarahkan korban mengunjungi situs web palsu untuk mendapatkan informasi pribadi.

2. Ransomware

Image

Tujuannya ialah untuk mendapatkan data enkripsi sehingga pelaku bisa meminta tebusan berupa uang. Berhati-hatilah dalam mengunjungki situs tertentu, karena ada beberapa situs yang terlihat bermanfaat tetapi sebetulnya itu adalah malware.

3. Social Engineering

Image

Kejahatan cyber ini mencakup teknik rekayasa social, pishing dan manipulasi psikologis demi mencapai tujuan tertentu. Contoh : Berbagai kasus asusila penyebaran video pribadi yang terjadi pada aktor dan aktris sehingga merugikan pada korban.

4. Blockchain Exploits

Image

Keamanan blockchain sangat penting untuk integritas dalam setiap transaksi. Tujuannya ialah untuk mengidentifikasi dan memperbaiki potensi eksploitasi dalam perkembangan teknologi yang terus makin canggih ini sehingga terhindar dari kejahatan cyber yang merugikan kita semua.

5. Cyber Espionage

Image

Target mereka ialah mencakup data negara, identitas bisnis atau kelompok cyber independen lainnya. Metode yang dilakukan ialah menggunakan metode serangan berbahaya seperti phising hingga serangan cyber tingkat tinggi lainnya seperti Advanced Persistent Threats (APT).

Tujuan mereka sangat bervariatif, mulai dari untuk keuntungan ekonomi, militer hingga politik. Nah, Berita yang sempat viral belakangan ini dan ramai diperbincangkan di jagat maya tentang situs KPU yang dijebol hacker, ini merupakan kasus kebocoran data kesekian kalinya di Indonesia.

Menurut sumber kompas.com, Indonesia menduduki peringkat ke-3 yaitu negara dengan tingkat kebocoran data terbesar dan hal ini juga di ungkap oleh perusahaan keamanan siber ternama asal Belanda, Surfshark.

C. Kerugian Akibat Cyber Hack

Image

Tentu, banyak sekali kerugian akibat **cyber hack **atau kejahatan ciber, diantaranya:

  1. Kehilangan data penting atau data pribadi
  2. Kemungkinan terjadi kerusakan pada perangkat yang digunakan
  3. Rusaknya reputasi seseorang
  4. Kerugian untuk pelaku bisnis atau lembaga

Lantas bagaimana menanggulangi dan menghindari dari ancaman cyber?

D. Ancaman Cyber Hack

Image
  1. Memperbaharui perangkat lunak
  2. Menggunakan akun dan password yang kuat
  3. Gunakan verifikasi dua faktor (2FA)
  4. Waspada dengan Phising
  5. Jangan menggunakan Wi-fi Public
  6. Selalu backup data
  7. Mempelajari cuber secutity atau keamanan cyber

Nah Coders!, itudia beberapa ulasan mengenai cyber hack atau kejahatan ciber. Selalu waspada dan penting sekali untuk mengetaui dan mempelajari dunia cyber.

Kira-kira berapa ya kisaran gaji seorang ahli cyber? kita akan bahas pada pembahasan berikutnya ya. see you!